VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Disbudparpora Gelar Seleksi Peserta Ikuti PKA Ke-8 Bulan Agustus Mendatang

Redaksi  



Suka Makmue - Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh menggelar seleksi peserta yang akan mengikuti Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 di Banda Aceh pada Agustus 2023 mendatang.


Seleksi tersebut dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas AP. S.Sos., M.Si didampingi Forkopimda yang ditandai dengan penabuhan rapa'i. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Disbudparpora, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Rabu (31/5/2023).


Dalam sambutannya, Pj Bupati Fitriany mengatakan, semarak PKA tahun ini telah menjadi salah satu agenda besar Pemerintah Aceh di bidang pengembangan kebudayaan, dengan tujuan meningkatkan daya tarik wisatawan. 


"Tentu saja kesempatan ini harus kita manfaatkan sebagai momen paling strategis untuk dapat memperkenalkan wajah Kabupaten Nagan Raya yang memiliki ragam pesona seni budaya," ujar Pj Bupati.


Menurutnya, Kabupaten Nagan Raya merupakan daerah yang kaya. Kekayaan yang dimaksud, meliputi bidang sumber daya manusia, alam, sektor pariwisata, serta ragam seni budaya. 


Beberapa waktu lalu, diketahui Kabupaten Nagan Raya mendapat apresiasi nasional dengan masuknya dua kategori nominasi Anugerah Pesona Indonesia Tahun 2023, yaitu cenderamata batu giok dan tari rateb meusekat sebagai atraksi budaya.


"Ini adalah bukti bahwa Kabupaten Nagan Raya layak bersanding di skala nasional," ucap Fitriany.


Ia menambahkan, hal ini akan menjadi tantangan sekaligus kesempatan bagi Kabupaten Nagan Raya karena potensi wisatawan untuk datang ke Nagan akan sangat besar.


"Dengan masuknya rateb meusekat sebagai salah satu nominasi ini, saya optimis bahwa di PKA nanti kita juga bisa melakukan yang terbaik untuk Nagan Raya," imbuh Pj Bupati.


Selain itu, Fitriany berharap dengan adanya seleksi seni budaya dan permainan rakyat menuju PKA yang ke-8 tahun 2023 ini, juga mampu melahirkan sosok seniman sekaligus budayawan yang dapat mempresentasikan Nagan Raya tidak hanya di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.


"Selamat bertanding bagi peserta seleksi seni budaya dan permainan rakyat pada hari ini. Tunjukkan sportifitas dalam berkompetisi dan maksimalkan apa yang seharusnya diminta pada juknis PKA ke-8," pintanya.


Pj Bupati juga berharap kepada seluruh dewan juri yang bertugas agar dapat tegas dan bersikap profesional. Tidak ada anak tiri anak kandung, pastikan tidak ada kecurangan apapun.


"Saya percaya bahwa dengan profesionalitas, ketekunan dan kejujuran, kita akan mendapatkan hasil terbaik dan mewujudkan Nagan Raya bereh, semoga di PKA nanti, Nagan Raya bisa mendapatkan hasil yang seperti kita inginkan," pungkas Pj Bupati Fitriany Farhas.


Sebelumnya Kepala Disbudparpora Fariky S.E., M.Si dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari persiapan Pemkab Nagan Raya menuju PKA yang dilaksanakan di Banda Aceh pada 19-27 Agustus mendatang.


Pelaksanaan seleksi peserta ini dikhususkan pada dua bidang utama, yaitu seni budaya dan permainan rakyat. 


"Kegiatan ini direncanakan akan berlangsung mulai hari ini tanggal 31 Mei sampai dengan 2 Juni 2023," kata Fariky.


Rangkaian acara, lanjut Fariky, diikuti oleh seluruh pegiat seni budaya yang ada dalam Kabupaten Nagan Raya serta pelajar tingkat SMA/SMK sederajat di kabupaten tersebut.


Dalam seremonial pembukaan seleksi PKA itu, juga ditampilkan tarian Ranup Lampuan dan atraksi debus grup Singa Nagan.


Adapun seni budaya yang diseleksi meliputi: rapa'i geleng, tari ratep meusekat, tari kreasi, seumapa, mengarang dan membaca hikayat serta peuayon aneuk.


Sementara untuk permainan rakyat meliputi: permainan engklek/kuaci, permainan cato rimueng, serta permainan engrang/meuen geuntet.


Turut hadir forkopimda, sejumlah kepala perangkat daerah, pengurus Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Nagan Raya, peserta seleksi dan para undangan lainnya.



Kabupaten Nagan Raya Raih Juara dua lomba inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi

Redaksi  



Jantho - Kabupaten Nagan Raya berhasil memperoleh juara 2 dalam lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) XXIV Tingkat Provinsi Aceh tahun 2023 yang digelar di Jantho Sport City, Kota Jantho.


Kegiatan bertema "Meningkatkan Ketahanan Pangan dan Penurunan Stunting Melalui Pemanfaatan Alat Teknologi Tepat Guna" itu diketahui merupakan event bergengsi tingkat Provinsi Aceh.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Gampong, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMGP4) Kabupaten Nagan Raya, Damharius, S.Pd., M.Si menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia penyelenggara, yang telah menyematkan label juara untuk kabupaten penghasil giok tersebut.


"Kepada seluruh panitia dan penilai kami ucapkan terima kasih. Semoga juara yang kami peroleh ini dapat menambah semangat kami untuk berkarya," ucap Damharius, Rabu (31/5/2023).


Kali ini, keberhasilan Kabupaten Nagan Raya memperoleh juara 2 dalam lomba TTG Unggulan tersebut karena berhasil menciptakan dan memamerkan mesin peraut lidi yang dibina langsung oleh Kepala Dinas PMGP4 Kabupaten Nagan Raya.


Mesin peraut lidi hasil buah tangan Bustanil Suwardi, warga Desa Kuala Tuha, Kuala Pesisir, Nagan Raya ini juga akan diikutsertakan dalam perlombaan TTG Nasional yang digelar di Provinsi Lampung pada 6 Juni 2023 mendatang.


"Besar harapan kita agar karya warga Nagan Raya ini juga mampu memperoleh juara dalam perlombaan tingkat nasional. Amin," ucapnya.


Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.Si mengaku sangat mengapresiasi Bustanil Suwardi yang telah mengharumkan nama daerah dalam event bergengsi tingkat Provinsi Aceh.


Dengan adanya keberhasilan yang diperoleh oleh pengrajin tersebut, diharapkan dapat memacu dan memotivasi semua pihak. Hal itu, tambahnya, demi mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan pemanfaatan TTG.


"Melalui pelaksanaan TTG dengan mengedepankan teknologi berbasis sederhana yang mudah diterapkan oleh masyarakat ini, semoga dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi di desa," ucapnya.


Kemudian, Pj Bupati perempuan pertama di Provinsi Aceh itu juga berharap, agar pengembangan teknologi sederhana itu dapat meningkatkan ketahanan pangan serta berkontribusi dalam penurunan angka stunting.

 

"Mudah-mudahan ke depan kita kembali dapat menemukan alat-alat teknologi sederhana ini guna menunjang ekonomi masyarakat Aceh, khususnya warga Kabupaten Nagan Raya," tandas Pj Bupati Fitriany Farhas.


Berdasarkan informasi yang diperoleh, seluruh pemenang lomba inovasi TTG Unggulan tingkat provinsi ini, akan mewakili Aceh mengikuti perlombaan tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Provinsi Lampung.


SM

Pj Bupati Prioritaskan Jalan Danau Laut Tadu Setelah Siap Dibangun Jalan Lintas Alue Bata-Kuala Tadu

Redaksi  

 


Suka Makmue - Jalan Alue Bata-Kuala Tadu di Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh akan segera dibangun. Hal itu sebagai bentuk perhatian pemerintah daerah dalam upaya memaksimalkan pembangunan kabupaten yang terkenal dengan keindahan Masjid Giok itu.


Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si mengatakan, pembangunan jalan akses menuju lokasi objek wisata Danau Laot Tadu itu diusulkan penanganannya melalui APBN sesuai Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.


"Alhamdulillah semua syarat yang dimintakan oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional atau BPJN sudah kita lengkapi, Insya Allah bisa terlaksana tahun ini," ujar Fitriany, Rabu (31/5/2023).


Selain melakukan kunjungan ke jalan akses menuju lokasi wisata itu, pada hari yang sama Pj. Bupati Nagan Raya bersama rombongan juga meninjau jembatan gantung irigasi Jeuram di Desa Meunasah Krueng, Kecamatan Beutong.


"Untuk jembatan gantung ini, sebagai tindak lanjut dari laporan masyarakat bahwa kondisinya sudah memprihatinkan. Kita akan mengupayakan hal terbaik, mudah-mudahan saja ini juga bisa terbangun," ucapnya.


Diketahui, selama ini Fitriany Farhas gencar melaksanakan kunjungan ke masyarakat, hal tersebut dilakukan dalam upaya mendengar langsung keluh kesah masyarakat di daerah. Tak jarang, blusukan yang dilaksanakan tersebut berkat adanya informasi yang diterima dari akun media sosial miliknya.


"Saya akan terus berupaya memaksimalkan pembangunan di Kabupaten Nagan Raya. Ini untuk kesejahteraan masyarakat. Oleh sebabnya, saya berharap dukungan dari semua pihak, terutama masyarakat. Mari kita bangun Nagan Raya," ajak Pj Bupati Fitriany.


Pada kunjungan di dua lokasi berbeda itu, tampak hadir Ketua DPRK Nagan Raya, Jonniadi, S.E., Wakil Ketua DPRK Nagan Raya, Puji Hartini, S.T., M.M. Kadis PUPR Kabupaten Nagan Raya, Tamarlan, S.T. serta sejumlah pejabat lainnya.


SM

Fitriany Farhas Pimpin Apel Pelepasan Petugas Sensus Pertanian 2023

Redaksi  



Suka Makmue - Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP. S.Sos.,M.Si, pimpin Apel Pelepasan Petugas Sensus Pertanian (ST) tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Komplek Perkantoran Suka Makmue, Rabu (31/5/2023).


Dalam amanatnya, Fitriani Farhas mengatakan ST 2023 merupakan langkah penting dalam memperoleh informasi data yang diperlukan untuk merumuskan kebijakan strategis dalam sektor pertanian.


"Kita tau untuk menghasilkan sebuah kebijakan yang tepat butuh data yang akurat, maka dari itu perlu dilakukan sensus," ujarnya


Menurut Fitriany, ST sangat penting dilaksanakan, karena hal tersebut melibatkan hajat hidup orang banyak, sehingga butuh akurasi kebijakan data yang akurat dan komprehensif. 


"Oleh karena itu saya sangat mendukung pelaksanaan ST tahun 2023 ini yang merupakan  pelaksanaan sensus ke-7 dalam 10 tahun sekali oleh Badan Pusat Statistik (BPS)," ucap Fitriany Farhas. 


Lebih lanjut, Fitriany Farhas menjelaskan tujuan utama dari kegiatan ST ini untuk mendapatkan data struktur pertanian yang lengkap dan akurat untuk bahan perencanaan maupun evaluasi hasil pembangunan, khususnya sektor pertanian. 


"Kita tau bahwa ST ini menyangkut pertanian, perternakan, perikanan dan perkebunan dan memiliki peran yang sangat strategis dan penting, ST menyediakan lapangan kerja sebanyak 231 orang untuk melakukan ST di Nagan Raya, sehingga nantinya menghasilkan data yang terkini, akurat dan terpercaya," tandas PJ Bupati. 


Ia juga mengajak semua pihak terkait untuk saling berkerjasama demi kelancaran kegiatan yang dilakukan nantinya. "Saya berharap kepada seluruh pemangku kepentingan dari sektor pertanian, perikanan, perkebukanan dan para Camat untuk sama-sama mensukseskan ST 2023 yang mulai dilaksanakan dari tanggal 1-30 Juli 2023," tutup Fitriany Farhas 


Pada kegiatan apel tersebut juga dilaksanakan pelepasan petugas ST yang ditandai dengan penyamatan atribut dan penyerahan BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis oleh Pj Bupati. 


Hadir pada acara itu Staf Ahli, para Asisten, Kepala SKPK, Kepala BPS dan jajarannya, Camat, Kepala Bagian, Kabid dan para  Koordinator Data Dinas Pertanian dan Peternakan serta seluruh petugas yang akan melaksakan ST tahun 2023.


SM

Kapolres Nagan Raya Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan MCK di Pesantren Darul Ridha Desa Ujong Krueng

Redaksi  


 

Suka Makmue -  Kapolres Nagan Raya, AKBP Setiyawan Eko Prasetiya SH S.I.K. melakukan melakukan peletakan batu pertama Pembangunan MCK didayah Pesantren Darul Ridha Desa Ujong Krueng Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya Aceh. Selasa (30/05/2023)


Adapun acara peletakan batu pertama untuk pembangunan MCK didayah Pesantren Darul Ridha tersebut, dalam rangka menyambut Hari Bayangkara ke -77


Kapolres Nagan AKBP Seriyawan Eko Prasetiya dalam sambutannya, Pemberian MCK untuk pesantren Darul Ridha di Desa Ujong Krueng murni sumbangsi dari jajaran Kepolisian Resor Nagan Raya dan  Kepolisian Sektor Darul Makmur dalam rangka Menyambut Hari Bayangkara ke - 77, semoga bermanfaat untuk para santri santriwati setelah siap dibangun nanti.


Keuchik kepala desa Ujong Krueng M.Jacky mengatakan, dengan adanya pembangungan MCK dipesantren Darul Ridha,terutama kami Pemerintah Gampong mengucapakan trima kasih khususnya jajaran kepolisian Resor Nagan Raya dan jajaran kepolisian Sektor Darul Makmur juga ikut serta berpartipasi dalam kegiatan pembagunan MCK didesa kami dapat mengedukasi terhapap masyarakat dan santri dalam proses belajar dan mengajar ucapnya, dalam acara tersebut ikut hadir Kapolsek Darul Makmur IPDA Syahrul Akhyar SE,Waka Polsek Darul Makmur IPDA Sugiarto SE, Persinel polsek Darul Makmur Ketua Tuha Peut Ujong Krueng,Tgk Zarkaci Guru pesantren dayah Darul Ridha dan Tgk Imum Mesjid Ujong Krueng serta seluruh Aparatur desa.


SM

Kodim 0116/Nagan Raya Adakan Pelayanan KB dengan BKKBN dan Dinas Kesehatan di Desa Ujong Krueng

Redaksi  



Suka Makmue - Kodim 0116/Nagan Raya bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Pengendalian Penduduk Pemberdayaan Perempuan DPMG-P4 Nagan Raya, melaksanakan kegiatan Keluarga Berencana (KB) Kesehatan di Balai Desa Ujung Krueng, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, Sabtu (27/05/2023).  


Kegiatan KB Kesehatan semester I Tahun 2023 bertema "TNI AD Bersama Rakyat Menjadikan Keluarga Sehat dan Sejahtera"


Kegiatan tersebut dihadiri Sekda H Ardimarta, Dandim 0116 Letkol Inf Tony Setyo Widodo, Kepala Bapeda Rahmattullah, S.STP., M.Si, Kadis DPMG-P4 Damharius S.Pd M.Si, Kepala Dinas Kesehatan Hj. Siti Zaidar, S.ST. dan Muspika Trips Makmur dan Para kechik Gampong se- Tripa Makmur serta pengurus Persit KCK Cabang XL Dim 0116/Nagan Raya setempat.


Sekda mengatakan, momentum penting yang di harapkan dapat berkontribusi nyata dan meningkatkan kesertaan masyarakat dalam program bangga kencana dengan tema "Pencanangan manunggal TNI KB Kesehatan Terpadu di kabupaten Nagan Raya"


"Dengan adanya pemaduan dan integrasi kegiatan yang dengan TNI dan lintas sektor lainnya, maka dapat memperkuat kembali program Keluarga Berencana" ujar Sekda.


Dandim mengatakan, mengendalikan laju pertumbuhan penduduk meningkatkan sumber Daya manusia ( SDM ) guna meningkatkan kesehatan masyarakat.


Membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah jajaran Kodim 0116/Nagan Raya.


Tujuan program KB ini dapat mewujudkan sinergi antara TNI, pemerintah, dan BKKBN dalam usaha meningkatkan kualitas kesehatan melalui pendewasaan usia perkawinan pengaturan jumlah angka kelahiran. 


"Kita berharap, dapat menciptakan program keluarga berencana yang bermasyarakat dengan mewujudkan masyarakat kecil yang bahagia dan sejahtera," katanya.


SM

DLH Umumkan Hasil LABBA Penyebab Matinya Ikan Dialiran Krueng Nagan

Redaksi  



Suka Makmue - Hasil pengujian air Sungai Krueng Nagan yang menyebabkan ikan mati beberapa waktu lalu sudah dikeluarkan pihak Laboratorium Penguji Balai Standarisasi dan Pelayanan Jasa Industri (BSPJI) Banda Aceh (LABBA). 


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Nagan Raya, Teuku Zeddy Surachman, Jum'at (26/5), di Suka Makmue,  mengatakan, sesuai hasil pengujian LABBA dapat disimpulkan, bahwa kematian ikan di hulu sungai Krueng Nagan merupakan faktor alam yang ditandai tingginya residu tersuspensi (TSS) akibat terjadi longsor, sehingga banyak partikel terlarut menyebabkan air keruh kecoklatan.

 

Hal ini sejalan dengan kondisi Krueng Nagan dalam keadaan keruh kecoklatan yang menandakan banyaknya partikel terlarut. Akibat longsor tersebut juga menyebabkan massa air dan debit air meningkat, sehingga

membawa belerang (sulfida/H2S) naik ke permukaan.


"Berdasarkan dua parameter TSS dan Sulfida ini memungkinkan sebagai indikator penyebab kematian ikan secara massal," sebut Zeddy. 


Kepala DLH itu juga menjelaskan kronologi kejadian, dimana pada Selasa (25/4) lalu Tim DLH mendapat perintah dari Pj Bupati untuk memantau lokasi sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Krueng Nagan (Irigasi) Kecamatan Beutong dan Seunagan, karena ada informasi dari masyarakat melalui media sosial terjadi kematian ikan dalam jumlah besar di aliran sungai tersebut.


Dikatakannya, setelah tiba dilokasi Irigasi Kecamatan Beutong dan Jembatan Desa Alue Buloh Kecamatan Seunagan, kondisi

fisik sungai menunjukkan air keruh berwarna lumpur (coklat) dengan arusnya yang deras.


Selanjutnya, dilakukan pengambilan sampel air di dua lokasi tersebut dengan kode sampel “Irigasi” dan “JBT Alue Buloh”.


"Sampel dikirim tanggal 26 April 2023 dan diterima pihak LABBA tanggal 27 April 2023, hasilnya baru keluar kemarin," pungkas Zeddy.


SM

Pemkab Nagan Raya Terima Kunjungan Danlanal Sabang, Ini yang di Bahas

Redaksi  



Suka Makmue - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya menerima kunjungan Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Sabang, Letkol Laut (P) Soni Haji Hariyoko, M.TR.HANLA, M.M. di anjungan pendopo bupati setempat.


Kedatangan Danlanal Sabang bersama rombongan ke Kabupaten Nagan Raya itu disambut baik oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas AP, S.Sos., M.Si yang diwakili oleh Sekda Ir. H. Ardimartha bersama staf ahli bupati, para asisten sekda serta sejumlah kepala perangkat daerah.


Pada kegiatan itu, Sekda Ardimartha menyampaikan ucapan terima kasih kepada Danlanal Sabang dan rombongan yang telah mengunjungi kabupaten penghasil giok tersebut. 


"Semoga kunjungan ini bisa membawa berkah dan motivasi untuk pembangunan daerah. Saat ini, secara umum ketenteraman di masyarakat relatif cukup aman dan kondusif," ujar Ardimartha, Jum'at (26/5/2023).


Dalam kesempatan itu juga, Sekda Ardimartha mengulas balik sejarah terbentuknya Kabupaten Nagan Raya. Dikatakan, kabupaten itu lahir melalui Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2002.


"Alhamdulillah usia Nagan Raya saat ini genap 21 tahun. Komposisi masyarakat bersifat heterogen dan hidup berdampingan walaupun berbeda suku, dari suku Aceh, Jawa, Minang, dan suku Batak," tuturnya.


Ardimartha juga menyampaikan, pemerintahan yang baik akan terselenggara dalam sistem yang berbasis pada kepentingan rakyat, meskipun dalam implementasinya selalu dihadapkan pada persoalan-persoalan yang terkadang memerlukan waktu untuk penyelesaiannya


"Kenyataan ini tidak dapat kita hindari, karena untuk menjadi suatu bangsa yang besar dan maju tentu memerlukan niat yang tulus untuk membangun serta sinergitas dan kerjasama yang baik oleh setiap komponen dalam pelaksanaan pembangunan di segala bidang," ucap Sekda. 


Ia berharap, dengan silaturahmi tersebut dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam wilayah Kabupaten Nagan Raya. 


"Semoga dengan sinergitas ini semoga dapat meningkatkan keamanan dan  keadaan tertib, aman, damai dan sejahtera serta bisa mendukung dalam pembangunan daerah," pinta Ardimartha.


Sementara itu, Danlanal Sabang, Letkol Laut Soni Haji Hariyoko dalam pidatonya mengungkapkan, beberapa kabupaten di Provinsi Aceh merupakan wilayah kerjanya, termasuk salah satunya Kabupaten Nagan Raya.


"Alasan kenapa kegiatan yang sangat luar biasa ini perlu kami lakukan karena beberapa daerah seperti Kota Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Aceh Barat, Aceh Jaya dan Nagan Raya termasuk dalam wilayah kerja Danlanal Sabang," jelasnya.


Dengan silaturahmi ini, tambah Letkol Laut Soni, diharapkan akan terciptanya hubungan baik antara Pemkab Nagan Raya dan TNI Angkatan Laut, sehingga dapat bekerja sama dalam pembangunan.


"Semoga bisa menciptakan komunikasi dan bisa menghasil output yang terbaik untuk Nagan Raya, umumnya demi kemajuan bangsa dan negara," tutup Soni Haji Hariyoko


Kemudian, kegiatan itu dilanjutkan dengan penyerahan cendera mata oleh Sekda Nagan Raya kepada Danlanal Sabang.


SM

124 Calon Jama'ah Haji di Peusijuk Jelang Pelepasan

Redaksi  



Suka Makmue - Sebanyak 124 Calon Jama'ah Haji (CJH) Kabupaten Nagan Raya dipeusijuek dan dilepas Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP. S.Sos., M.Si, diwakili Sekretaris Daerah, Ir. H. Ardimartha, di Masjid Agung Baitul A'la (Masjid Giok) Kabupaten setempat, Rabu (24/05/2023). 


Pelepasan CJH ditandai dengan prosesi tepung tawar dan pemberian uang saku secara  simbolis oleh Sekda, Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) dan Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Nagan Raya. 


Kegiatan ini turut dihadiri unsur forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat serta undangan lainnya.


Dalam pidatonya, Sekda  menyampaikan,  atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Nagan Raya bersyukur kepada Allah SWT karena bisa hadir ditempat yang mulia ini dalam rangka melepas Calon Jamaah Haji yang tergabung dalam kloter tiga. 


"Sungguh merupakan suatu kehormatan bagi kami dapat bertatap muka secara langsung dengan saudara-saudara calon jama'ah haji yang sebentar lagi akan meninggalkan keluarga, meninggalkan Bumi Serambi Makkah menuju Saudi Arabia untuk memenuhi panggilan Allah SWT menunaikan ibadah haji demi kesempurnaan segala amal ibadah yang telah saudara kerjakan selama ini," ujar Ardimartha. 


Lebih lanjut, Ardimartha menjelaskan, haji merupakan ibadah massal yang melibatkan kaum muslimin dari berbagai penjuru dunia, berbagai bangsa, etnis, kultur dan bahasa, bersama berkumpul di Baitullah, dibalik keberagaman itu sama-sama mengucapkan niat yang sama tulus dan ikhlas untuk beribadah di Rumah Allah. 


Menurutnya, ibadah haji adalah ibadah yang berat  maka, diperlukan persiapan yang matang, bekal yang cukup, pengetahuan yang memadai guna membantu calon jama'ah haji dalam mempersiapkan sesuatu yang diperlukan. 


"Tim pelaksana urusan haji tentunya telah memberikan bekal tentang teori maupun praktek melalui manasik haji, dengan harapan jamaah calon haji dapat memperoleh gambaran yang jelas dan benar tentang pelaksanaan ibadah haji," ungkap Ardimartha. 


Ia juga mengingatkan para jama'ah haji, bahwa selain menunaikan rukun kelima dari rukun islam, kepergian bapak dan ibu sekalian juga secara tidak langsung membawa nama baik daerah, dan nama baik bangsa pada umumnya.

 

"Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada seluruh jamaah, untuk selalu menta'ati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan ibadah, sehingga seluruh jama'ah haji, khususnya yang berasal dari Kabupaten Nagan Raya, dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan ibadah haji dengan sebaik-baiknya, serta dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat wal’afiat," ujarnya. 


Ardimartha berharap, para CJH dari Kabupaten Nagan Raya dapat  menjadi suri tauladan bagi jama'ah dari daerah lain  


"Saya berharap kiranya jamaah haji kabupaten nagan raya bisa menjadi suri tauladan dalam pelaksanaan ibadah haji ini, bagi jama'ah dari daerah lain," pungkasnya 


Sebelumnya , Kepala Dinas Syari'at Islam Kabupaten Nagan Raya, Wahidin, SE, dalam laporan singkatnya menyampaikan jumlah jama'ah haji Nagan Raya tahun 2023 berjumlah 124 orang. 


"Dari jumlah itu terbagi kedalam dua kelompok terbang (kloter), yaitu kloter 3 sebanyak 101 orang dan kloter 11 sebanyak 23 orang," jelas Wahidin. 


Ia juga merincikan jumlah CJH per kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya, yakni dari Kecamatan Seunangan 34 orang, Seunagan Timur (15), Suka Makmue (7), Beutong (8), Kuala (22), Kuala Pesisir (8), Darul Makmur (20) dan Tripa Makmur (2) serta ditambah dari luar Nagan Raya sebanyak 2 orang. 


"Sore ini para calon jama'ah berangkat ke Banda Aceh dan beristirahat di Hotel Lading. Keesokannya, tanggal 25 Mei menempati Asrama Haji, selanjutnya tanggal 26 Mei para jama'ah diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah melalui Bandara Sultan Iskandar Muda.


SM

Kapolres AKBP Setiyawan Eko Gelar Latihan Menembak di Mako Brimob Batalyon C Pelopor

Redaksi  



Suka Makmue - AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, S.H.,S.I.K. melaksanakan kegiatan latihan menembak di lapangan tembak Mako Brimob Batalyon C Pelopor Nagan Raya, Rabu (24/05/2023).


Latihan menembak ini diikuti sejumlah Pejabat Utama Polres Nagan Raya dan  Brimob Batalyon C Pelopor Beserta jajaran.


Kapolres Nagan Raya AKBP Setiyawan Eko Prasetiya S.H.,S.I.K. mengungkapkan, Kegiatan menembak ini ditujukan untuk meningkatkan skill dalam penggunaan senjata api.


“Kegiatan ini untuk melatih dan meningkatkan skill yang telah ada”Jelas Kapolres kepada media, Rabu (23/05/2023).


Diterangkan Kapolres, kemampuan menembak ini memang harus sering diasah, melalui latihan-latihan.


“Kalau tidak sering dilatih, maka kemampuan menembak bisa turun. Padahal kemampuan ini sangat diperlukan dalam tugas. Terutama anggota yang di lapangan dan tugasnya untuk pengamanan,” ujarnya.


Sementara itu, Danyon C Pelopor Kompol Usman, SE., MM menjelaskan, meski para personel yang sudah memegang senpi (laras pendek) juga mengikuti latihan tersebut guna mengasah kembali kemampuan dan penggunaan senjata, sehingga mereka bertanggung jawab terhadap senjata yang mereka miliki.


“Latihan menembak wajib  diikuti personel terutama bagi personel yang sudah mengikuti tes psikologi  untuk pemegang senpi, karena tugas polisi sangat berat dilapangan saat melaksanakan tugas”tutupnya.


SM

Warga Suak Puntong Blokir Akses Jalan PLTU 3 dan 4

Redaksi  



Suka Makmue - Ratusan warga Gampong Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya,memblokir jalan untuk akses ke PLTU 3,4 yang sedang dibangun di wilayah tersebut.


Selain pemblokiran jalan dengan teratak itu, masyakarat juga memasak sejumlah makanan di lokasi itu, guna untuk diberikan kepada masyarkat yang sedang mencari keadilan di perusahaan raksasa tersebut.


Koordinator aksi itu, Rendi kepada sejumlah media, kamis (25/05/2023) menyebutkan, tujuan dilakukan pemblokiran itu, untuk mencari keadilan kepada perusahaan yang bergerak dibidang listrik tersebut.


Keadilan yang dituntut oleh masyarakat kata Rendi, terkait persoalan tenaga kerja,dimana perusahaan itu tidak menerima putra daerah untuk bekerja di PLTU 3 dan 4 tersebut.Hal ini ujarnya, telah berulang kali disampaikan kepada Pemkab Nagan Raya,PT.MPG, namun persoalan itu tidak digubris oleh perusahaan tersebut.


Malahan sebutnya, sebanyak 47 orang tenaga kerja di PLTU 3,4 saat ini, hanya 7 orang putra Kabupaten Nagan Raya yang diterima di perusahaan itu.Sedangkan lainnya,tenaga kerja yang berasal dari luar Provinsi Aceh.


Guna untuk menyelesaikan persoalan itu, pemblokiran jalan itu akan terus berlanjut, sebelum adanya titik temu dengan pihak perusahaan, yang merekrut tenaga kerja selama ini, ungkap Rendi secara tegas.


Sementara itu, Samsuar selaku tokoh masyarakat Kabupaten Nagan Raya menambahkan,terkait pemblokiran jalan yang dilakukan warga Suak Puntong itu,untuk mencari keadilan dalam penerimaan tenaga kerja di perusahaan itu.


Menurutnya hal itu sangat aneh, PLTU 3,4 berada di Kabupaten itu, malah tenaga kerja di impor dari Provinsi lain, sebut Tgk Wan dengan nada kecewa.


Hal ini kata Samsuar, Pemkab Nagan Raya harus mengambil sikap terhadap perusahaan itu,karena dalam rekrutmen tenaga kerja itu, pihak PT.MPG tidak menghargai kearifan lokal.


Untuk itu, Tgk.Wan akan terus mendampingi masyarakat dalam persoalan tersebut, sebelum adanya titik temu yang jelas,terkait permintaan masyarakat kepada pihak PLTU 3 dan 4, pungkasnya.


SM