VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Akibat Jembatan Jalan Utama Di Gampong Ujong Lamie Ambruk Kini Mobil Dumtrok Tidak Bisa Lewat

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.com- Akibat Cuaca buruk serta sering banjir mengakibatkan Lantai Jembatan dijalan lintas utama desa ujung lamie Ambruk, untuk sementara tidak dapat dapat lagi untuk dilewati oleh trok angkutan hanya bisa dilewati oleh kendaraan roda dua,hal tersebut dilaporkan oleh Sulaiman Keuchik kepala desa  ujong lamie kecamatan darul makmur kabupaten nagan raya provinsi aceh , senin (25/12/2023)


“Hasil amatan awak media ke lokasi jembatan tersebut, sejumlah masyarakat setempat mengatakan, jembatan tersebut satu satunya akses jalan utama pengangkutan segala Aktifitas masyarakat Desa Ujong Lamie, sementara sudah tidak dapat lagi dilewati oleh trak angkutan hanya bisa dilewati kendaraan roda dua sebut Samsul Bahri salah satu masyarakat desa ujong lamie


Keuchik kepala desa ujong lamie Sulaiman, kepada awak media  membenarkan jembatan akses dijalan utama di desanya itu ambruk lantainya tepatnya di dusun 1, jembatan yang terbuat dari beton yang baru berusia tujuh tahun tersebut katanya, setiap harinya dilewati oleh trok angkutan hasil panen kebun sawit masyarakat, sebab itulah satu satunya akses di jalan utama untuk 469 Kepala Keluarga KK yang digunakan untuk warga masyarakat Penduduk ujong lamie khususnya, sekitar 400 Meter dari jalan nasional lintas barat- selatan (jalan simpang gunung kelambu)


“Prihal jembatan tersebut sambung Keuchik sulaiman sebelumnya tidak menunjukkan tanda tanda ambruk, kemungkinan akibat sering banjir dikawasan tersebut sehingga membuat penahan jembatan longsor sehingga mengakibatkan ambruk 


“atas musibah ambruknya lantai jembatan Sulaiman sebagai Keuchik mewakili masyarakat Ujong Lamie meminta kepada pemerintah kabupaten Nagan Raya untuk segera mungkin menindak lanjut serta memperbaiki jembatan tersebut bila tidak, akan membuat aktifitas apapun akan terhenti terutama pengangkutan yang menggunakan roda empat akan terhenti, terutama pengangkutan hasil panen sawit serta aktifitas lainya untuk masyarakat setempat, sebab untuk sementara ini hanya bisa dilewati kendaraan roda dua saja,"ucap Keuchik sulaiman.(*Red)


Sepanjang 140 Meter Pembangunan Drainase Jalan Desa Gampong Alue Rambot Dalam Pengerjaan

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7 com-Anggaran Dana Desa (ADD) termin  ketiga  tahun 2023 di Desa Gampang Alue Rambot   Kecamatan Darul Makmur  Kabupaten Nagan Raya sebesar Rp. 130 juta 


Diantaranya digunakan untuk membangun Drainase di wilayah  Lok Gayo  besaran anggaran untuk pembangunan Drainase tersebut Rp. 130 juta , kiri kanan jalan sepanjang  . 140 meter 


Keuchik Gampong Alue Rambot M.Ali .Sabtu(23/12/2023) kepada Media ini Menjelaskan pembangunan Drainase (Learning Jalan ) tersebut  melalui hasil musyawarah desa yang melibatkan seluruh perangkat desa menyepakati mengalokasikan ADD  untuk pembangunan Drainase .



“Kita alokasikan ADD untuk pembangunan Drainase jalan lok Gayo tersebut di karenakan  kerap mengalami banjir  sehingga badan jalan tergerus dan longsor ketika musim hujan tiba,”jelas Kepala Desa M.Ali 


“Alokasi ADD tersebut merupakan hasil musyawarah perangkat desa yang dituangkan di perencanaan pembangunan desa, kemudian kita alokasikan anggaran tersebut salah satunya untuk pembangunan Drainase,”ujarnya.


“Pekerjaan pembangunan Drainase tersebut masih tahap pekerjaan dan ini proyek kelanjutan dari Keuchik lama “kata M.Ali dan selanjutnya di katakanya, pembangunan Leaning yang sedang dalam pengerjaan dilakukan oleh warga Desa Alue Rambot  dengan target pekerjaan sekitar 25  hari bisa selesai kalau tidak ada halangan apapun,”Demikian kata Keuchik Alue Rambot .M.Ali .(Red)

Sepanjang 140 Meter Pembangunan Drainase Jalan Desa Gampong Alue Rambot Dalam Pengerjaan

Redaksi  

 


Nagan Raya,vokaltop7 com-Anggaran Dana Desa (ADD) termin  ketiga  tahun 2023 di Desa Gampang Alue Rambot   Kecamatan Darul Makmur  Kabupaten Nagan Raya sebesar Rp. 130 juta 


Diantaranya digunakan untuk membangun Drainase di wilayah  Lok Gayo  besaran anggaran untuk pembangunan Drainase tersebut Rp. 130 juta , kiri kanan jalan sepanjang  . 140 meter 


Keuchik Gampong Alue Rambot M.Ali .Sabtu(23/12/2023) kepada Media ini Menjelaskan pembangunan Drainase (Learning Jalan ) tersebut  melalui hasil musyawarah desa yang melibatkan seluruh perangkat desa menyepakati mengalokasikan ADD  untuk pembangunan Drainase .


“Kita alokasikan ADD untuk pembangunan Drainase jalan lok Gayo tersebut di karenakan  kerap mengalami banjir  sehingga badan jalan tergerus dan longsor ketika musim hujan tiba,”jelas Kepala Desa M.Ali 


“Alokasi ADD tersebut merupakan hasil musyawarah perangkat desa yang dituangkan di perencanaan pembangunan desa, kemudian kita alokasikan anggaran tersebut salah satunya untuk pembangunan Drainase,”ujarnya.


“Pekerjaan pembangunan Drainase tersebut masih tahap pekerjaan dan ini proyek kelanjutan dari Keuchik lama “kata M.Ali dan selanjutnya di katanya, pembangunan Learning yang sedang dalam pengerjaan dilakukan oleh warga Desa Alue Rambot  dengan target pekerjaan sekitar 25  hari bisa selesai kalau tidak ada halangan apapun,”tegasnya..(Red)


Berstatus Tipe C, RSUD SIM Nagan Raya Berhasil Raih Predikat Sempurna 'Paripurna Bintang Lima

Redaksi  


Nagan Raya, vokaltop7.,com- Rumah sakit Umum Daerah Sultan Iskandar Muda  Kebanggaan Masyarkat Nagan Raya atau yang sering disebut RSUD SIM berhasil meraih peringkat paripurna ( bintang lima) dari lembaga independen Komisi akreditasi rumah sakit (KARS).


Direktur RSUD SIM yang yang dihubungi Melalui via telpon membenarkan akan Raihan tersebut.


"Alhamdulillah, RSUD SIM Nagan Raya mendapatkan Akreditasi Paripurna yaitu lulus tingkat sempurna dari 16 standar akreditasi yang diajukan" kata dr. Cut Yuliza Sutifa


Lanjut ia menerangkan, Akreditasi Rumah Sakit adalah suatu pengakuan yang diberikan oleh pemerintah melalui lembaga surveyor pada manajemen rumah sakit, karena dinilai  telah memenuhi standar.


Sebegai mana yang menjadi keputusan kementrian kesehatan, Predikat Paripurna atau setara bintang 5 ini, hanya diberikan kepada rumah sakit yang telah memenuhi setidaknya 80% dari masing-masing standarisasi pelayanan rumah sakit, berdasarkan peraturan yang ditetapkan oleh kementerian kesehatan Republik Indonesia.


Staf karyawan dan manajemen rumah patut berbangga hati Setelah melalui proses pembenahan dan berbagai persiapan selama ini, baik fasiltas alat, sistem dan kelengkapan administrasi serta tata ruang maupun SDM akhirnya mendapatkan Akreditasi Paripurna sebagai Instrumen Survei Akreditasi KARS.


Pembenahan dan evaluasi dilakukan adalah dengan melibatkan semua unit yang ada di bawah manajemen RSUD SIM sehingga apa yang menjadi sasaran dan syarat utama untuk meraih predikat  paripurna akhirnya dapat diraih lewat survei  lembaga Independen KARS indonesia yang di laksanakan tiga hari mulai tanggal 6, 7 dan 8 desember tahun 2023 lalu.


Adapun  Pengamatan dan pemerikasaan lembaga surveyor  komisi akreditasi rumah sakit (KARS) adalah menggunakan  standar Akreditasi Rumah Sakit Kementerian Kesehatan RI  dapat terpenuhi sebagaimana permintaan dan aturan  undang undang yang berlaku .


"Akreditasi RSUD SIM Nagan Raya sudah 2 kali  dilaksanakan yaitu pada tahun 2018 dengan nilai perdana dan alhamdulillah atas kekompakan dan kerja sama tim/ kepanitiaan dan unit terkait serta seluruh para pegawai dan karyawan nakes dan pekerja di rumah sakit  pada tahun 2023 ini Rumah Sakit Umum Sultan Iskandar Muda milik kita kebanggaan kita semua ini mendapatkan hasil sempurna yaitu paripurna/bintang 5" Terang direktur RSUD SIM yang Juga Merupakan anak mantan Sekda Nagan Raya bernada haru.


Sebagaimana diketahui, predikat paripurna berhasil diraih manajemen rumah sakit umum Daerah Sultan Iskandar Muda Nagan Raya ini dalam status tipe, Untuk dengan Berhasilnya menyandang predikat paripurna direktur bertekat raih capaian baru dengan peningkatan Status Rumah sakit dari Tipe C Ke Tipe B.


"Semoga dengan ter akreditasinya rsud sim paripurna mutu pelayanan akan terus meningkat sebagai mana visi dan misi rumah sakit dan yang paling penting adalah mempertahankan apa yang sudah dibenahi  baik fasilitas dan sistem administrasi, patut bersyukur insya Allah menuju peningkatan Status Rumah sakit dari Tipe C Ke Tipe B, Karena predikat paripurna adalah syarat mutlak menuju peningkatan" Demikian Tutup direktur rsud sim dr Hj Cut Yuliza Sutifa. (*R)


Puluhan Jurnalis Hadiri Undangan Gelar Silahturahmi Oleh Kajari Nagan Raya

Redaksi  


Nagan Raya,volaltop7.com,- Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh Rabu 20 Desember 2023 duduk bersama wartawan yang bertugas di Kabupaten Nagan Raya. Kegiatan duduk dan bertemu langsung tersebut dilakukan di Gedung Kejaksaan Nagan Raya Komplek Perkantoran Suka Makmue. 


Dalam pertemuan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Nagan Raya Djaka Bagus Wibisana mengharapkan agar ke depan pihaknya dapat terus bersinergi dengan pekerja media di Nagan Raya, khususnya dalam mempublikasikan kegiatan Kejaksaan Nagan Raya. 


Djaka Bagus Wibisana saat menggelar silaturahmi dengan puluhan pekerja media Rabu 20 Desember 2023 yang bertugas di Nagan Raya juga berharap kedepannya dapat terus bersinergi. 


“Awal tugas kami di Nagan Raya ini  berharap dapat terus bersinergi bersama teman-teman media di Nagan Raya,” kata Djaka Bagus Wibisana di Aula Kejaksaan. (Red)




Peserta Bimtek Sebanyak 1.100 Orang,dibuka Langsung Oleh Ketua KIP Nagan Raya

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com-  Ketua Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Nagan Raya, Arif Budiman menegaskan, jika penyelenggara Pemilu terlibat politik praktis, akan dipecat sesuai dengan aturan yang berlaku.


Hal tersebut disampaikan oleh Arif Budiman, rabu (20/12/2023) saat kegiatan Bintek pemungutan perhitungan, dan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suar, serta penggunaan aplikasi Sirekap pada pemilu tahun 2024 kepada PPK dan PPS se Nagan Raya.


Dihadapan 666 orang PPS,222 orang Sekretaris PPS serta 100 orang PPK dan Sekretarisnya, Arif Budiman mewarning penyelenggara pemilu, agar tidak terlibat politik praktis dalam pesta demokrasi mendatang.


Jika kedapatan petugas pemilu terlibat politik praktis, atau mendukung salah satu Caleg dari partai manapun, KIP Nagan Raya akan mengambil tindakan tegas, yaitu melakukan pemecatan siapapun yang terlibat, ungkapnya.


Bahkan kata Arif Budiman, PPK,PPS serta KPPS tugasnya adalah menyelenggarakan Pemilu dengan sukses.Jangan coba coba untuk bermain atau mendukung Caleg manapun, karena resikonya akan dipecat, tegas Ketua KIP Nagan Raya dengan suara lantang.


Terkait warning tersebut, dia juga mengatakan tidak main main, karena netralitas sebagai penyelenggara Pemilu harus dijalankan, serta ditegakkan dengan baik, guna mewujudkan pemilu yang damai dan sukses.


Untuk itu, Arif Budiman mengharapkan kepada penyelenggara pemilu tersebut, jalankan tugasnya dengan baik, sesuai dengan amanah yang telah ditetapkan, pungkasnya.


Selanjutnya, Arif Budiman juga meminta kepada PPS, dalam rekrutmen KPPS di Gampong masing masing, supaya tidak merekrut peserta dari pengurus partai, guna dalam penyelenggaraan pesta demokrasi 2024 mendatang, dapat berlangsung secara demokratis.



Sementara itu ,sekertaris KIP Agus Mudagsir SH,saat di konfirmasi kepada media ini ,Rabu (20/12/2023) mengatakan peserta Bimtek terdiri dari 1.100 Orang Peserta terdiri dari  Ketua PPK, Anggota PPK, Sekretaris PPK, Staf Sekretariat dan Tenaga Pendukung PPK, Ketua dan Anggota PPS dan Sekretaris PPS ,acara tersebut di laksanakan hanya Satu hari Saja “Drmikian kata Agus Mudagsir SH  (*Red)





Dandim 0116/Nagan Raya Resmi Tutup Diklat Pertanian dan Peternakan Program I’M Jagong Pangdam IM

Redaksi  


Nagan Raya, vokaltop7.com-Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H. dengan resmi Menutup Diklat Pertanian dan Peternakan Program I’M Jagong Pangdam Iskandar Muda di Makodim 0116/Nagan Raya Jalan Perkantoran Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya, Sabtu ( 16/12/2023)


Dandim 0116/ Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H. Menyampaikan Terimakasih Kepada Profesor Doktor Maman Nurzaman Selaku Pemateri Utama Dandim Juga mengucapkan selamat kepada Peserta Diklat yang telah Berhasil mengikuti Kegiatan Diklat dengan Baik semoga pengalaman dalam pelaksanaan diklat dapat laksanakan di satuan masing masing ucap Dandim.


Lanjut Dandim ,Sebanyak 102 Orang Peserta Diklat yang di laksanakan dalam upaya untuk mensukseskan Program I’M Jagong Kodam Iskandar Muda serta mengembangkan Potensi Peserta Diklat di Satuan TNI, Brimob Maupun Masyarakat Ucap Dandim.


Ilmu yang telah di pelajari selama pelaksanaan diklat semoga dapat memberikan pengalaman berharga untuk seluruh peserta diklat sehingga dapat mendukung pertanian dan peternakan terutama untuk mensukseskan Program Pangdam Iskandar Muda Yaitu I’M Jagong.



Kegiatan ini tidak Terlepas dari Sumbangsih pengabdian para peserta diklat untuk memajukan program Im Jagong di satuan Masing Masing karena secara Teori dan Praktek semua Peserta Diklat Rata-rata sudah Menguasai Ilmu yang Telah di Berikan Pemateri Ucap Dandim


Kita semua Patut bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena dalam Suksesnya pelaksanaan Diklat Pertanian dan Peternakan yang merupakan salah satu tugas dan Tanggung Jawab untuk pengabdian kita kepada bangsa dan Negara  dalam mensukseskan Pertanian dan peternakan Program Pemerintah ucap Dandim."(Red)

PT.Socfindo Seumayam Salurkan Program CSR Hasil Musrenbang BAPPEDA Nagan Raya

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com-Sebanyak 30 Paket Sembako Untuk Warga kurang Mampu atau Pengganti P2L  yang ada di kecamatan Darul makmur,Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh,Penyaluran tersebut berasal dari program corporate social responsibility ((CSR) dari PT.Socfindo Anggaran Tahun 2023.(Jum’at (16/12/2023) Ahir tahun 


“30 Paket  Sembako tersebut di salurkan untuk masyarakat kurang mampu yang berada di Gampong Alue Bilie Pengganti  P2L (Program Pangan Lestari).


Pengurus PT Socfindo Seumayam Bobby Hercules,mengatakan Penyaluran Program corporate social responsibility ((CSR) ini untuk Pengganti Program Pangan Lestari (P2L) di Akhir tahun 2023 ini “Lajutnya kata Bobby Penyaluran sembako programm CSR tersebut untuk masyarakat kurang mampu dan program ini hasil dari Musrenbang di BAPPEDA Nagan Raya “kata Bobby 


Dikatakannya juga”Tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan seperti terhadap masalah-masalah masyarakat  yang berdampak di sekitar perusahaan


Berharap,dengan adanya bantuan tersebut penerima manfaat hendaknya bisa mengurangi beban ekonominya dan bisa di manfaatkan sebagai mana mestinya ,harapnya 


Camat Darul Makmur Tawaruddin Melalu Sekcamnya M.Idris mengatakan ,Bahwa program CSR yang di salurkan oleh pihak Perusahaan PT.Socfindo Seumayam ini sangatlah berarti sekali bagi masyarakat kurang mampu dan kita menginginkan program ini terus berkelanjutan untuk tahun 2024 mendatang “ujarnya 


Sementara itu Keuchik Alue Bilie Yusni Yusuf dirinya atas nama masyarakat dan Unsur  Pemerintah Gampong Alue Bilie Mengucapkan ribuan terimah kasi nya atas penyaluran Sembako untuk masyarakat kurang mampu dari Manajemen  PT.Socfindo Seumayam yang di salurkan dari program CSR “Demikian kata Keuchik Alue Bilie Husni Yusuf  



Hadir dari pihak perusahaan dan Bertanggung jawab Group Manager 1 H Heru Darmawan

Yg menyerahkan Pengurus  kebun Boby Hercules


Staff yg Hadir 

 Rahmad Kusnadi

Nauli Gunung S Asst Divisi 4

Abdurahman Zailani Assisten Divisi 2

Amaluddin S Simbolon Assisten Div 3 .”(*Red)


Dalam Rangka Hari Juang TNI-AD Kodim O116 Nagan Raya Menggelar Doa Bersama

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7 .com-Komandan Kodim 0116/Nagan Raya menggelar doa bersama dalam rangka Hari Juang TNI – AD Tahun 2023, dengan tema Tema “TNI-AD Bersama Rakyat Bersatu Dengan Alam Untuk NKRI” di Masjid Jamik Baiturahim Desa Blang Meurandeh, kecamatan Beutong Ateh Benggalang, Kabupaten Nagan Raya, Kamis (14/12/2023)


Sebelum melaksanakan doa bersama, di awali dengan tahlil yang dihadiri 30 anggota Kodim 0116/Nara yang dipimpin oleh Serka Karya Wijaya serta doa bersama dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD.


” Kita bersama-sama menjalankan Perintah Komando atas untuk melaksanakan doa bersama, Kegiatan ini jangan hanya seremonial saja, akan tetapi kita dapat mengambil hikmah dari Hari Juang TNI AD, tingkatkan amal ibadah kita, teruslah untuk berintrospeksi diri.


Peringatan Hari Juang TNI – AD tahun ini di selenggarakan Doa bersama ini merupakan suatu sarana untuk mengenang kembali sejarah lahirnya TNI – AD, sehingga diharapkan dapat memupuk semangat jiwa korsa prajurit-prajurit TNI AD, terang Dandim.


Dandim juga menjelaskan, bahwa Hari Juang TNI AD diperingati setiap 15 Desember untuk mengenang Pertempuran Ambarawa. Selain itu dapat meningkatkan pengabdian kepada negara dan bangsa, memantapkan kemanunggalan TNI – AD dengan rakyat guna mewujudkan TNI – AD yang kuat.


Kita sebagai ujung tombak, harapannya kita menjadi contoh bagi masyarakat Dengan tidak mengurangi hikmah atau rasa syukur kita, mari sama – sama kita berdoa memohon semoga kedepan TNI – AD bisa melaksanakan tugas dengan lancar dan baik, pungkas Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H.(*Red)


Kapolres Nagan Raya Ingatkan Masyarakat Agar Berhati Hati Terhadap Modus Penipuan Mencatut Nama Pejabat Daerah

Redaksi  


 

Nagan Raya ,vokaltop7.com- Informasi di himpun Wartawan Senin 11 Desember 2023 diduga terjadi penipuan yang mencatut atau mengatasi namakan Kapolres Nagan Raya Kapolres Nagan Raya AKBP Rudi Saeful Hadi, S.I.K dengan nomor 082291224563.


Menanggapi persoalan tersebut menurut Kapolres Nagan Raya AKBP Rudi Saeful Hadi, S.I.K. sering terjadi modus penipuan yang mengatasnamakan pejabat Daerah. 


"Banyak terjadi penipuan apa lagi saya sebagai pejabat baru di Nagan Raya, pasti ada yang memanfaatkan situasi seperti ini," ujarnya. 


Karena itu, dua menghimbau kepada masyarakat harus lebih berhati hati. Selain itu jika meragukan dapat mengkonfirmasi langsung ke Polres untuk memastikan kebenaran, tentunya untuk menghindari terjadinya penipuan. 


"Saya menghimbau kepada masyarakat Nagan Raya agar hati hati bila memang ada yang mengatasnamakan kapolres agar di konfirmasi dahulu jangan cepat merespon apa lagi beritanya meminta sesuatu," terangnya. 


Secara tegas, pula Kapolres Nagan Raya AKBP Rudi Saeful Hadi, S.I.K. menegaskan kalau apa yang terjadi tersebut tidak benar. 


"Itu tidak benar bang, saya juga kaget no telpon saya hanya ada satu nomor, tidak ada nomor lain," tegasnya.demikia pers rilis grup polres Nagan raya


PJ Bupati Serahkan Langsung Lampu PJUTS Secara Simbolis

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Dinas Perhubungan akan melakukan pemasangan lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) di beberapa titik yang rawan kecelakaan dalam kabupaten setempat.


Lampu PJUTS tersebut diserahkan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP, S,Sos., M.Si secara simbolis kepada Plt. Camat Seunagan Koko Fenna Loza S.I.P., M.Si dan Camat Seunagan Timur Ns. Saviar Evi, S.Kep., M.H.Kes di Pendopo Bupati Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Rabu (13/12/2023).


Usai acara penyerahan, Pj Bupati Fitriany Farhas berharap dengan adanya bantuan lampu PJU tenaga surya tersebut dapat meningkatkan keselamatan pengguna jalan di Nagan Raya, khususnya pada malam hari.


"Semoga lampu ini nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi pengguna jalan dalam rangka mencegah terjadinya kecelakaan," ujarnya.


Selain itu, Pj Bupati Fitriany Farhas meminta agar lampu yang dipasang tersebut untuk dijaga bersama, karena selain pemerintah, masyarakat juga memiliki peran untuk menjaga fasilitas umum seperti PJU.


Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Efliyanto, S.E., M.M. mengatakan, lampu PJU yang diserahkan kepada para camat itu merupakan bantuan dari Pemerintah Aceh.


"Pada September 2023 lalu, kita juga telah menerima bantuan lampu LED Sebanyak 50 unit yang dipasang di sepanjang Jalan Nasional (Gampong Simpang Peut  dan Gampong Blang Teungoh) Kecamatan Kuala, sedangkan bantuan yang kita terima pada hari ini berupa lampu PJUTS merek Pilips BRP 110 LED50/757 G2 beserta tiang dan anchornya sebanyak 20 unit," ujar Efliyanto.


Dikatakan Efliyanto, mengingat lampu PJUTS tersebut hanya ada 20 unit, maka setiap kecamatan akan mendapatkan 2 unit dan akan dipasang di 2 titik berbeda dalam kecamatan tersebut.


"Untuk pemasangan lampu, kita serahkan kepada camat di mana titik yang akan dipasang, terutama di lokasi jalan yang rawan kecelakaan serta tidak ada lampu penerangan jalan seperti tikungan dan lain-lain," pungkas Kadishub Efliyanto.


Untuk diketahui, lampu PJU tenaga surya memiliki beberapa keunggulan, antara lain, ramah lingkungan karena tidak menggunakan listrik PLN, tidak memerlukan biaya operasional serta mudah dipasang dan dirawat.(*Red)



Kepala BAPPEDA Wakili Pemkab Nagan Raya Menerima Piagam Penghargaan ARC

Redaksi  


 

Banda Aceh,vokaltio7.com- Pemerintah Kabupaten Nagan Raya menerima piagam penghargaan dari Atsiri Research Center (ARC) Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUIPT) Nilam Universitas Syiah Kuala (USK), di Gedung Accademic Activity Center (AAC) Prof. Dr. Dayan Dawood, MA, Darussalam, Banda Aceh, Selasa (12/12/2023).


Piagam penghargaan  diberikan langsung Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan.,IPU, didampingi Ketua ARC, Dr. Ir. Syaifullah Muhammad, S.T., M.Eng, kepada Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S.Sos, M.,Si, diwakili Kepala Bappeda, Rahmattullah, S.STP.,M.Si. 


Dalam sambutannya, Marwan mengapresiasi kinerja 17 pemerintah kabupaten/kota yang sudah bangkit kembali dalam pengembangan nilam di Aceh. 


"Tetapi pada hari ini hanya Pemerintah Kabupaten Nagan Raya yang mendapatkan Award atas Exellent Work tersebut. Selamat kepada Pemerintah Kabupaten Nagan Raya,” ujarnya.


Sementara Pj Bupati Fitriany Farhas melalui Kepala Bappeda, Rahmattullah, dalam sambutan singkatnya menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan tersebut. 


"Pemerintah Kabupaten Nagan Raya mengucapkan terima kasih kepada USK dan ARC atas pemberian Award. Semoga dengan Award ini semakin menumbuhkan semangat kami dan seluruh petani nilam Nagan Raya dalam pengembangan hulu-hilir industri nilam di Nagan Raya," katanya.


Dalam kegiatan yang bertepatan dengan peringatan Milad ARC PUIPT Nilam Aceh USK Ke-7 itu juga dihadiri Ketua Senat Unsyiah, para Wakil Rektor, Kepala SKPA terkait, Kepala BI Perwakilan Aceh, Kepala OJK, Kepala Bursa Effek Perwakilan Aceh dan jajaran USK.,(*Red)



Peringati Maulid Nabi Muhammad Saw 1445 H Pemkab Nagan Raya Hadirkan 40 group zikir dan Santuni 400 anak yatim

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya peringati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 H di Halaman Kantor Bupati, Komplek Perkantoran Suka Makmue, Selasa (12/12/2023).


Peringatan Maulid Akbar tersebut mengusung tema “Meneladani Rasulullah dalam Merawat Ukhuwah Islamiyah” diisi dengan barzanji 40 group zikir dan penyerahan santunan secara simbolis kepada 400 anak yatim.


Zikir maulid dimulai pukul 9.00 hingga 11.30 WIB, kemudian dilanjutkan penyerahan santunan anak yatim oleh Pj Bupati dan unsur forkopimda. 


Dalam arahannya, Pj Bupati mengatakan, maulid nabi tidak sekedar merayakan kelahiran beliau, tetapi juga memetik hikmah dan pelajaran dari kisah perjuangannya, dimana salah satu hikmah yang bisa kita petik adalah tentang akhlak beliau yang mulia. 


"Hadist mengatakan akhlak Rasulullah adalah Al-Qur'an, maka kita sebagai umat Islam bisa mengenal rasul lebih dekat dan meneladani akhlak beliau dengan mempelajari Al-Qur'an dan hadist," ucapnya. 


Dikatakan, sebagai seorang manusia kita dituntut untuk menjadi seorang yang berakhlak mulia, karena akhlak mulia adalah bekal bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan sukses merengkuh takwa. 


"Manfaatkan momentum Maulid Nabi untuk memperbaiki dan menata kembali akhlak agar kita menjadi insan yang dicintai Nabi Muhammad SAW," lanjut Fitriany.



Pj Bupati mengajak sama-sama meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, dengan senantiasa bershalawat kepada Baginda Rasulullah SAW dan berusaha untuk meneladani akhlak mulia beliau serta menjalin erat silaturrahim sesama kita. 


Disisi lain, Pj Bupati menghimbau supaya menjaga perdamaian dan ketentraman dalam rangka pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan umum tahun 2024.


"Untuk itu saya sangat berharap pemilu tahun depan dapat terlaksana dengan baik, aman, lancar, tertib dan sukses, dan pilihlah sesuai dengan hati nurani anda," pinta Fitriany. 


Sebelumnya, Kepala Dinas Syar'iat Islam Nagan Raya, H. Wahidin SE, dalam laporannya menjelaskan pelaksanaan Maulid Akbar tersebut terlaksana berkat kerja sama semua pihak.


"Baik panitia pelaksana maupun instansi terkait dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur yang telah ikut menyumbang, baik berupa sumbangan anak yatim dan juga hidangan," katanya. 


"Mari kita jadikan momentum maulid ini untuk meningkatkan keimanan, ketaatan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT, menambah rasa cinta kita dalam meneladani akhlak yang dimiliki Nabi Muhammad SAW serta memperbanyak shalawat kepada beliau dan keluarganya," ajak Wahidin. 


Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan MTQ ke 36 di Simeulue, Nagan Raya berhasil meraih juara umum kedelapan dari 23 kabupaten/kota dan meningkat dibanding MTQ 35 di Bener Meriah kita memperoleh juara ke 12. 


Usai memberikan arahan, Pj Bupati Fitriany bersama Forkopimda menyerahkan santunan anak yatim secara simbolis.


Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRK Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Pengurus IKNR Banda Aceh dan Aceh Barat, para Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala SKPK, Camat, Imum Mukim serta tamu undangan lainnya.(*Red)



Pagelaran Expo UMKM Dengan Sumber Dana Anggaran Dari Pokir Wakil Ketua DPRA Teuku Raja Keumangan

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com - "Penyelenggaraan expo ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan memperkenalkan potensi yang ada di desa-desa". 


Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP, S,Sos.,M.Si, saat membuka Expo UMKM Produk Unggulan tahun 2023 di Alun-Alun Suka Makmue, Kamis (7/12/2023) sore.


Tujuan lainnya, ujar Pj Bupati, melalui pameran keanekaragaman budaya seni dan produk-produk unggulan di Nagan Raya bisa menggerakkan kembali pelaku usaha kecil dan menengah, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

 

Pembukaan Expo yang bertemakan 'Inovasi lokal untuk Pasar Global' tersebut ditandai tabuhan Rapa'i oleh Pj Bupati Fitriany didampingi Wakil Ketua DPRA, Dr Teuku Raja Keumangan, SH.,MH, Perwakilan Disperindagkop Aceh, Rosti Maidar SE.,M.Si dan Forkopimda Nagan Raya. 


Pagelaran Expo UMKM Produk Unggulan yang sumber dananya berasal dari anggaran pokok pikiran (Pokir) Wakil Ketua DPRA Teuku Raja Keumangan dan dimeriahkan 40 stand UMKM itu,  memamerkan berbagai produk olahan. 



"Diantaranya kerajinan rotan, eceng gondok, batok kelapa, olahan batu giok serta stand kuliner," sebut Fitriany.


Pada kesempatan itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Nagan Raya, Fitriany menyampaikan apresiasi dan terima kasih diselenggarakan event tersebut di Nagan Raya.


"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi pelaku UMKM dan seniman lokal untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya," ujar Fitriany.


Menurutnya, Expo UMKM itu dapat mendorong pertumbuhan perekonomian dengan mengangkat kembali kearifan lokal hasil budaya dan produk unggulan serta menumbuhkan kembali rasa cinta terhadap produk lokal.


"Semoga UMKM ini bisa jadi agenda tahunan di Nagan Raya untuk memperkuat kolaborasi antara inovator industri kreatif, pemerintah dan masyarakat," imbuhnya.


Dijelaskan, kegiatan expo ini bukan hanya memamerkan produk dan jasa UMKM unggulan, tapi juga menggerakkan semangat kewirausahaan dan transformasi UMKM agar mampu bersaing dan menjadi kekuatan ekonomi yang mampu merespons tantangan masa depan.


"Semoga UMKM di Nagan Raya ini, semakin bertumbuh dan maju melalui upaya-upaya kreatif dengan mengangkat potensi lokal yang beragam dan inovatif, sehingga UMKM unggul Nagan Raya Bereh,"ucapnya.


Pj Bupati menambahkan, dalam acara ini juga diadakan lomba masak menu yang bergizi kepada pelaku UMKM, guna menekan angka stunting di Nagan Raya.


Sementara itu, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Aceh, Azhari S.Ag.,M.Si, diwakili Kepala UPTD KUMKM, Rosti maidar, SE.,M.Si, mengatakan expo UMKM produk unggulan ini berlangsung selama 3 hari mulai tanggal 7-9 Desember 2023 dengan jumlah 40 stand dan 60 peserta UMKM.


"Khusus pelaku UMKM diadakan lomba masak, demo masak, dan pada acara ini juga ditampilkan pentas seni dan pojok konsultasi sebagai media berbagi pengetahuan dalam upaya penguatan, pengembangan dan pemberdayaan UMKM di Nagan Raya," jelas Rosti Maidar.


Expo ini, lanjutnya, diharapkan dapat menjadi wadah yang efektif dalam memajukan UMKM diwilayah ini, serta membantu mereka meningkatkan daya saing dan produktivitas pelaku usaha.


"Saya mengajak masyarakat Aceh, khususnya di Nagan Raya untuk berpartisipasi dengan membeli UMKM Aceh, agar usaha UMKM dapat semakin maju, mampu menekan angka kemiskinan, laju inflasi, menciptakan lapangan pekerjaan, sehingga roda perekonomian Aceh semakin lebih baik lagi," pintanya.


Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRA, Teuku Raja Keumangan atau akrab disapa TRK menyampaikan, kegiatan Expo UMKM Produk Unggulan ini, sumber dananya berasal dari anggaran pokok pikiran (Pokir) dirinya.


"Walaupun dalam keadaan sibuk, saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Nagan Raya serta menghadiri pembukaan UMKM Produk Unggulan ini," ujar TRK.


Ia berharap, semoga dengan diadakan expo ini dapat meningkatkan atau mempromosikan kuliner-kuliner khas Nagan Raya, seperti Gulee Jruek (gulai asam durian) serta kerajinan-kerajinan tangan lainnya.


"Karena UMKM ini adalah urat nadinya perekonomian masyarakat, dimana saat negara lain tercabik-cabik ekonominya, tapi negara kita Indonesia bertahan disegi perekonomian akibat kuatnya UMKM, karena UMKM ini merupakan salah-satunya roh perekonomian," kata mantan Kepala Bappeda Nagan Raya itu.


Usai pembukaan expo, Pj Bupati didampingi TRK, Rosti Maidar dan Forkopimda serta undangan lainnya berkunjung ke stand di arena expo.


Pada prosesi pembukaan juga di tampilkan tarian kreasi Bungong Lawang dari Group Sanggar Seni Makmue Beusare.


Turut hadir Sekda, Ketua Dekranasda, 

para Asisten, Kepala SKPK, Kabag Setdakab, Camat, Ketua TP PKK serta undangan lainnya.demikian pers rilis sumber Diskominfo Nagan Raya 



Satu Keluarga Warga Dari kabupaten Nias Sumut Masuk Islam

Redaksi  


Nagan Raya ,vokaltop7.com- Sekeluarga muallaf asal Kabupaten Nias Provinsi Sumatera Utara masuk Islam di Desa Sumber Jaya Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya, Aceh, Senin, (04/12/2023) di masjid setempat.

Adapun identitas keluarga yang sudah masuk Islam tersebut adalah, Tohosokhi Zai nama Islam Abdul Qadir (68 tahun), Miliati Nadoya nama setelah masuk Islam Siti Maryam (47 tahun), Junius Zai nama baru Zainal Abidin (17 tahun), Banyamin Zai nama baru Abdul Muthalib (13 tahun), Kasiba Zai nama baru Masyitah (61 tahun)

Setelah sesi pensyahadatan, sepasang suami istri dilakukan prosesi pernikahan sesuai dengan agama Islam. Terlihat hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Tadu Raya, Bustami, M.Pd, Kankemenag Nagan Raya, Samhudi, keuchik setempat dan para tamu undangan lainnya.


Aris Munandar, kepada media ini menjelaskan perihal masuknya satu keluarga tersebut kedalam agama Islam. Awalnya keluarga asal Nias tersebut berdomisili di Darul Makmur dan sudah setahun lebih berbaur dengan Masyarakat sekitar.

“Mereka minta kerja kebetulan ada lowongan dan saya bilang bisa asalkan tinggal di wilayah kebun, mereka bekerja perawatan di kebun sawit saya, sudah lama mereka sampaikan melalui ketua Pemuda ingin masuk Islam. Mereka tertarik dengan Islam karena sudah nyaman dengar suara azan, pengajian dan melihat kehidupan tetangganya yang muslim,” terang Aris Munandar.


“Setelah itu saya berkoordinasi dengan aparat desa, kecamatan dan disetujui melakukan kegiatan pensyahadatan hari ini, Insyaallah karena memang mereka menetap disini maka bisa kita lakukan pengawasan selalu,” tambah Aris Munandar yang juga kader PKS tersebut.


Sementara itu, Kankemenag Nagan Raya, Samhudi saat diminta tanggapannya menyampaikan usai masuk Islam para muallaf tersebut akan dilakukan pembinaan dengan berkoordinasi Dinas Syariat Islam, Baitul Mal dan di Kemenag sendiri terdapat petugas bidang pembinaan ummat. Hal senada juga disampaikan oleh Camat Tadu Raya, Bustami, M.Pd.(*Red)

Kajari Nagan Raya Musnahkan Barang Bukti Sebanyak 58 Perkara"Ini Dia Model Perkaranya

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com- Kejaksaan Negeri Nagan Raya melakukan pemusnahan barang bukti untuk kasus Narkoba dari Desember 2022-November 2023 (telah inkrah) pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan  di halaman kantor Kejaksaan setempat, Senin, (04/12/2023)


Adapun barang bukti yang dimusnahkan 58 berkas tindak pidana umum yaitu, Narkotika 3 dengan total sabu 97,42gram, narkotika jenis Ganja 3557,045gram dan barang bukti tindak pidana narkotika lainnya berupa bong atau alat isap sabu, handphone, korek api timbangan digital dan spet kaca.


Sedangkan Perkara orang dan harta benda dengan BB kayu, baju, celana, dan jerigen, perkara tindak pidana umum lainnya BB berupa handphone, baju, dan celana (berkas tindak pidana berdasarkan qanun).



Kepada awak media, Kajari Nagan Raya, Djaka Bagus Wibisana, SE.,SH menjelaskan kegiatan pemusnahan dirampas untuk negara (kasus telah inkrach) dengan cara pembakaran, di blender, dan di pecahkan sesuai dengan masing masing jenis barang bukti”kata Kajari Nagan Raya 



“Selanjutnya,Ada 58 perkara yang kita rampas untuk dimunsnahkan, harapan kami (semua APH) kebetulan banyak narkotika Masyarakat terutama generasi muda jauhi narkotika, karena itu bahaya bagi diri sendiri dan Masyarakat umum,” ungkap Kajari Nagan Raya”Harap Djaka Bagus Wibisana


 turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur dari Kepolisian, Mahkamah Syariah, Pengadilan Negeri, Kepala Dinas Kesehatan, unsur dari PWI dan para tamu undangan lainnya.

Secara Bersama sama, Kajari dan para tamu undangan melakukan pemusnahan barang bukti di halaman kantor kejaksaan setempat”Demikian (*Red)

Dandim 0116/Nagan Raya Hadiri kegiatan Pasar Murah dalam Rangka tanggap Inflasi Aceh

Redaksi  


Nagan Raya, vokaltop7.com-Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzabadi, meninjau pelaksanaan pasar murah Operasi Pasar bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kecamatan Tadu Raya, Minggu (03/12/2023). Pasar murah di selenggarakan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UKM Nagan Raya dalam rangka menghadapi operasi pasar murah tanggap inflasi Aceh 2023.


"Gelar Pasar murah/ Operasi Pasar urah dilaksanakan dalam upaya pengendalian Tanggap Inflasi Aceh 2023 Dalam Rangkaian ini di Laksanakan Juga Pemeriksaan Kesehatan Gratis Perekaman E- KTP Pelayanan Pembayaran Pajak Dan Pelayanan BPJS," kata Dandim 0116/Nagan Raya.


Gelar Pasar murah/ Operasi Pasar urah dilaksanakan dalam upaya pengendalian Tanggap Inflasi Aceh 2023 ini dinilai sangat efektif untuk pengendalian inflasi. Karena Kegiatan ini di Rangkaikan dengan Kegiatan  Pelayanan Kesehatan, harapannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan lebih besar dan rutin terutama difokuskan pada masa-masa harga melonjak.


Kegiatan Pasar Murah dan Kesehatan Gratis yang di Selenggarakan Pemkab Nagan Raya itu merupakan implementasi arahan disampaikan oleh Pj Gubernur Aceh untuk seluruh kabupaten kota, khususnya di Kabupaten Nagan Raya untuk meringankan beban masyarakat kecil dalam perekonomian di masyarakat.


Kegiatan pasar murah dimulai dari pukul 09.00 WIB -16.00 WIB, sampai habis bahan pokok yang sediakan oleh Dinas Prindagkop dan UKM Nagan Raya. Kegiatan berjalan dengan aman dan tertib dan akan di lanjutkan di berbagai kecamatan sesuai dengan tanggal yang telah di tetapkan.

Dandim 0116/Nagan Raya Gelar Pasar Murah Operasi Pasar dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.com- Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzabadi, meninjau pelaksanaan pasar murah Operasi Pasar bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kecamatan Tadu Raya, Minggu (03/12/2023). Pasar murah di selenggarakan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UKM Nagan Raya dalam rangka menghadapi operasi pasar murah tanggap inflasi Aceh 2023.


"Gelar Pasar murah/ Operasi Pasar murah dilaksanakan dalam upaya pengendalian Tanggap Inflasi Aceh 2023 Dalam Rangkaian ini di Laksanakan Juga Pemeriksaan Kesehatan Gratis Perekaman E- KTP Pelayanan Pembayaran Pajak Dan Pelayanan BPJS," kata Dandim 0116/Nagan Raya.


Gelar Pasar murah/ Operasi Pasar murah dilaksanakan dalam upaya pengendalian Tanggap Inflasi Aceh 2023 ini dinilai sangat efektif untuk pengendalian inflasi. Karena Kegiatan ini di Rangkaian dengan Kegiatan  Pelayanan Kesehatan, harapannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan lebih besar dan rutin terutama difokuskan pada masa-masa harga melonjak.


Kegiatan Pasar Murah dan Kesehatan Gratis yang di Selenggarakan Pemkab Nagan Raya itu merupakan implementasi arahan disampaikan oleh Pj Gubernur Aceh untuk seluruh kabupaten kota, khususnya di Kabupaten Nagan Raya untuk meringankan beban masyarakat kecil dalam perekonomian di masyarakat.


Kegiatan pasar murah dimulai dari pukul 09.00 WIB -16.00 WIB, sampai habis bahan pokok yang sediakan oleh Dinas Perindagkop dan UKM Nagan Raya. Kegiatan berjalan dengan aman dan tertib dan akan di lanjutkan di berbagai kecamatan sesuai dengan tanggal yang telah di tetapkan.(*Red)