VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Brimob Sterilisasi Gedung DPRK Nagan Raya Menjelang Rapat Pleno KIP Nagan Raya

Redaksi  



Nagan Raya,vokaltop7.com-Satuan Brimob Polda Aceh Batalyon C Pelopor melaksanakan sterilisasi di gedung DPRK Kabupaten Nagan Raya. Kamis,(29/02/2024).


"Sterilisasi ini dilaksanakan dalam rangka rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten Nagan Raya pemilu 2024," ucap Danyon C pelopor Kompol Usman, SE, MM.

"Kegiatan sterilisasi dilaksanakan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada peserta rapat dan juga untuk mengantisipasi adanya bahan peledak,senjata api, senjata tajam atau sebagai nya yang di anggap membahayakan dalam pelaksanaan rapat pleno terbuka KIP Nagan Raya yang dilaksanakan di kantor DPRK Nagan Raya," lanjut beliau.


Anggota yang diterjunkan melakukan sterilisasi gedung DPRK Nagan Raya, memeriksa setiap sudut dan memastikan tidak ada benda yang mencurigakan. Demi keamanan dalam berjalan nya pelaksanaan sidang pleno.


Di samping melaksanakan sterilisasi, personel Satuan Brimob Polda Aceh Batalyon C Pelopor juga melaksanakan pengamanan dan menyiapkan satu regu escape yang dipimpin oleh Pasi Ops Batalyon C Pelopor Ipda Ulil Azmi Azwani, SE untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.


Terpantau oleh media,satu unit mobil rantis _Rimung_ disiagakan di depan gedung DPRK Nagan Raya.(*Red)


Pemkab Nagan Raya Melalui BAPPEDA Mengadakan Acara BANWAL

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat mengadakan acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Perangkat Kabupaten (RKPK) Tahun 2025.


Kegiatan yang berlangsung pada Selasa (27/2/2024) di Aula Bappeda itu, dibuka Penjabat (Pj) Fitriany Farhas, AP, S.Sos., M.Si, yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Amran Yunus, S.P., M.T.


Dalam sambutannya, Amran Yunus mengatakan pelaksanaan acara Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPK Nagan Raya Tahun 2025 merupakan amanat dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional serta Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 86 Tahun 2017. 


"Forum ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi saran dan pendapat serta bentuk komitmen bersama di antara para pemangku kebijakan daerah dalam pencapaian pembangunan yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel," pinta Amran.


Lanjut Amran Yunus menjelaskan, perencanaan tahun 2025 merupakan tahun ketiga dalam penerapan dokumen perencanaan, yaitu RPK Nagan Raya Tahun 2023-2026 sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 70 Tahun 2021 tentang Penyusunan Dokumen Perencanaaan Pembangunan Daerah bagi Daerah dengan Masa Jabatan Kepala Daerah Berakhir Tahun 2022.


"Adapun kebijakan umum pembangunan pada tahun ini meningkatkan nilai tambah melalui penyediaan infrastruktur dan hilirisasi sektor pertanian dan perikanan untuk peningkatan ekonomi serta pengentasan kemiskinan," ucapnya.


Pada kesempatan itu, Amran Yunus menyampaikan lima program prioritas RKPK Kabupaten Nagan Raya tahun 2025. Program pertama, penanggulangan kemiskinan dengan peningkatan keahlian dan pengembangan sarana pendukung usaha.


Selanjutnya program kedua penguatan keistimewaan Aceh, pelayanan publik, dan tata kelola pemerintahan. Ketiga, peningkatan infrastruktur dasar, konektivitas antar wilayah, dan ketahanan kebencanaan, sementara yang keempat, peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan serta kualitas sumber daya manusia,


"Serta yang terakhir, peningkatan produktivitas dan nilai tambah komoditi pertanian perkebunan dan perikanan diikuti dengan meningkatkan diversifikasi pangan," urainya.


Namun demikian, kata Amran, fokus pembangunan untuk tahun depan ialah mendukung capaian nasional, yaitu penanggulangan kemiskinan, termasuk fokus kemiskinan ekstrem, penurunan angka stunting, dan menjaga stabilitas inflasi.



Sementara itu, Kepala Bappeda Nagan Raya, Rahmattullah, S.STP., M.Si dalam laporannya menjelaskan, maksud diselenggarakan acara FKP tersebut adalah penyampaian prioritas rancangan awal RKPK Nagan Raya Tahun 2025 sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama tentang pedoman pembangunan tahun 2025.


"Secara umum, tujuan dari rapat ini adalah penyepakatan program/kegiatan prioritas hasil analisa permasalahan dan isu strategis yang kemudian akan dituangkan ke dalam penandatanganan berita acara kesepakatan Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPK di kabupaten yang kita banggakan," ucap Rahmatullah.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, para Ketua Komisi dan sejumlah anggota DPRK Nagan Raya, Kepala SKPK, Pengurus MAA, MPD, MPU, dan Baitul Mal Kabupaten Nagan Raya, unsur perguruan tinggi dari STIA Pelita Nusantara, serta undangan lainnya.(*Red)




Momen Jum'at Curhat"Polres Nagan Raya Ulurkan Bantuan Untuk Masyarakat dan Anak Yatim

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com- - Kapolres Nagan Raya AKBP Rudi Saeful Hadi, memberikan perhatian khusus kepada masyarakat kurang mampu dan Anak Yatim di wilayah hukum Polsek Tadu Raya dengan melaksanakan kegiatan Jumat berkah yaitu melaksanakan pembagian sembako, Dalam upaya nyata untuk meringankan beban ekonomi, Kapolres dan anggota Polres turut serta dalam pendistribusian bantuan, menciptakan ikatan empati yang kuat antara kepolisian dan masyarakat setempat.


Kapolres Rudi Saeful Hadi,mengambil inisiatif untuk mempererat keterlibatan Polres dalam kehidupan masyarakat dengan melaksanakan kegiatan Jumat Berkah. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan memperkuat hubungan harmonis antara aparat kepolisian dan warga.


Dalam kegiatan tersebut, Kapolres  Rudi ,berinteraksi dengan warga setempat, memberikan semangat keagamaan, dan menyerap aspirasi masyarakat. Dalam suasana yang penuh kehangatan, beliau turut serta dalam kegiatan dengan menunjukkan kesediaan untuk menjadi bagian dari kehidupan komunitas.

Adapun kegiatan Jumat berkah ini dilaksanakan di halaman Polsek Tadu Raya dan diikuti oleh pejabat utama Polres,unsur muspika kecamatan Tadu Raya, bhabinkamtibmas dan Babinsa, serta diikuti oleh bhayangkari.


Kapolres Rudi, mengatakan “Kegiatan Jumat Berkah ini adalah salah satu cara kami untuk mendukung keberagaman dan keharmonisan bermasyarakat di Nagan Raya. Kami ingin memastikan bahwa Polres tidak hanya menjadi penegak hukum, tetapi juga mitra yang peduli dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat," ujar Kapolres.


Kapolres Nagan Raya berharap “kegiatan ini dapat menciptakan ikatan yang lebih erat antara Polres dan masyarakat. Langkah ini sejalan dengan visi Polres Nagan Raya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan daerah,”tambahnya.


Media dan masyarakat diajak untuk ikut serta menyaksikan dan mendukung upaya-upaya konstruktif seperti ini yang bertujuan untuk memperkuat fondasi harmoni dan keamanan di Nagan Raya.(*Red)

Polres Nagan Raya Berhasil Amankan Pelaku Pembuang Bayi Di Irigasi

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com-Sat Reskrim Polres Nagan Raya, akhirnya berhasil menangkap pelaku pembuangan bayi jenis kelamin laki laki di saluran irigasi Gampong Kabu Baroh Kecamatan Seunagan Timur kabupaten Nagan Raya Aceh

Hal tersebut, disampaikan oleh Kapolres Nagan Raya AKBP Rudi Saeful Hadi, melalui Kasat Reskrim IPTU Vitra Ramadani, kepada awak media senin sore (19/2/2024).

Menurut Vitra, pihaknya berhasil menangkap Bunga warga Seunagan Timur itu, setelah membuang bayi hasil hubungan gelap, di salah satu saluran irigasi milik warga Gampong tersebut, setelah Polisi melakukan olah TKP secara akurat.

Bayi yang dibuang telah membusuk tersebut, merupakan hasil hubungan gelap dengan salah seorang pria  Kecamatan Beutong.Karena merasa malu, pelaku membuang bayi tersebut, guna untuk menutupi hubungan terlarang tersebut.

Masih kata Vitra Ramadani, pelaku melahirkan bayi tersebut dengan seorang diri dikamar mandi.

Setelah berhasil melahirkan bayi hasil hubungan gelap itu, pelaku menggunting tali pusarnya, serta membungkus bayi ke dalam plastik, dan membuang bayi malang tersebut ke saluran irigasi, hingga telah membusuk, kata Vitra Ramadani.

Penangkapan terhadap kedua pelaku itu,berdasarkan laporan masyarakat, sehingga personil Sat Reskrim Polres Nagan Raya, berhasil menangkap kedua pelaku tersebut, dan saat ini telah dilakukan penahanan di Mapolres Nagan Raya. (*Red)

Dandim 0116/Nara bersama Danrem 012/TU Kapolres dan Danyon Brimob C Tinjau Lokasi TPS di wilayah Kabupaten Nagan Raya

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com- Waktu Pencoblosan Pemilu serentak 2024 telah tiba. Dandim 0116/Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H. bersama Danrem 012/TU Kolonel Inf Deni Gunawan, Kapolres Nagan Raya AKBP Rudi Saeful Hadi dan Danyon Brimob C Kompol Usman, SE melaksanakan Peninjauan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Nagan Raya, Rabu (14/02/2024)


Danrem Kolonel Inf Deni Gunawan mengatakan, kedatangannya di beberapa TPS saat ini, guna memastikan jika pelaksanaan pesta demokrasi di wilayah tugasnya, berjalan dengan aman dan kondusif.

“Kegiatan ini, merupakan wujud dari pengabdian aparat, khususnya TNI dalam rangka menjamin agenda Pemerintah yang nantinya akan menentukan arah perjalanan bangsa dalam lima tahun ke depan,” ungkapnya.


“Kami pastikan, semuanya berjalan lancar. Kita bersinergi dengan Pemda dan pihak Kepolisian setempat,” tandasnya.


Komandan Kodim Nagan Raya Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H. dalam kesempatan yang sama menambahkan, langkah-langkah taktis dan strategis dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024 terus dilakukan unsur Forkopimda Nagan Raya.


Pihaknya meminta seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan, kenyamanan, dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) demi terciptanya pemilu yang aman, damai, jujur dan adil.


“Mari kita bersama-sama menjaga kondusifitas Pemilu 2024. Tanpa adanya dukungan dari masyarakat, mustahil Pemilu dapat berjalan lancar, aman dan kondusif,” ujar Letkol Inf Fairuzzabadi, S.H.(*Red)


Karena Lebih Dicetak,KIP Nagan Raya Didampingi Forkopimda Musnahkan 1.457 Kertas Suara Pemilu 2024

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.,com- Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Nagan Raya didampingi Forkopimda dan Bawaslu,melakukan pemusnahan 1.457 kertas Pemilu tahun 2024, karena lebih saat dilakukan percetakan.


Pemusnahan kelebihan surat suara Pemilu tahun 2024 tersebut, berlangsung selasa (13/2/2024) di gedung logistik Gampong Blang Sapek Kecamatan Suka Makmue.


Dalam pemusnahan kertas kelebihan kertas suara dan kertas suara rusak tersebut, disaksikan oleh unsur forkopimda,Bawaslu Nagan Raya serta sejumlah SKPK dalam Kabupaten setempat.

Ketua KIP Nagan Raya Arif Budiman menyebutkan, pemusnahan kelebihan surat suara yang rusak, maupun surat suara  yang melebihi jumlah kebutuhan, sesuai dengan keputusan KPU nomor 1395 tahun 2023, tentang pedoman teknis tata kelola logistik Pemilu.



Oleh karena itu, dengan berpedoman kepada keputusan KPU tersebut,KIP Nagan Raya telah memusnahkan 1.457 kertas suara, kata Arif Budiman.


Adapun 1.457 kertas suara yang telah dimusnahkan itu antara lain, kertas suara DPD 71 lembar, DPRD Provinsi 111 lembar, DPRD Kabupaten 591 lembar, DPR RI 589 lembar, serta surat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 92 lembar.


Sementara itu Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas kembali menegaskan, agar ASN,Keuchik serta aparatur Gampong, tidak boleh terlibat politik praktis.


Jika larangan tersebut dilanggar oleh yang bersangkutan, maka pihaknya akan memberikan sanksi tegas, sesuai dengan undang undang serta aturan yang berlaku, pungkasnya.(*Red)


Peringati Isra Mi'raj Batalyon C Pelopor Gelar Doa Bersama untuk Terciptanya Pemilu 2024 yang Aman dan Damai

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com-Satuan Brimob Polda Aceh Batalyon C Pelopor menggelar peringatan Isra Mi'raj nabi Muhammad SAW 1445 H/2024 M, Minggu,(11/2/2014) di Mesjid Usman Mako Batalyon C Pelopor. Kegiatan ceramah sekaligus doa bersama untuk terciptanya Pemilu 2024 yang aman dan damai.


Peringatan Isra Mi'raj nabi Muhammad SAW dipimpin langsung oleh Danyon C pelopor Kompol Usman, SE, MM. Turut juga hadir Komandan Kompi 3 Batalyon C Pelopor Iptu Junaidi, Plt. Pasi Ops Batalyon C Pelopor Ipda Ulil Azmi Azwani, SE dan Ketua Bhayangkari Ranting Batalyon C Pelopor Ny. Nidar Usman.


Pada peringatan Isra Mi'raj tahun ini turut dihadiri oleh seluruh personel Batalyon C Pelopor dan Bhayangkari.


Dalam kegiatan tersebut menghadirkan penceramah Ustadz Abi Suaidi, MA.


Pada peringatan Isra' Mi'raj Tahun 1445 H/2024 M mengusung tema "Hikmah Isra Mi'raj Menanamkan Moral Dalam Mewujudkan Polri Yang Presisi Siap Mengawal Pemilu Damai 2024 di Rayon Batalyon C Pelopor".


"Saya menghimbau kepada seluruh personel untuk selalu bertaqwa kepada Allah SWT dengan selalu meneladani sifat dan perilaku Nabi Muhammad SAW. Terlebih dalam menjalankan tugas sebagai pelindung dan pengayom masyarakat dalam mengamankan jalannya Pemilu 2024. Maka dari itu saya menghimbau kepada seluruh personel Satuan Brimob Polda Aceh Batalyon C Pelopor agar senantiasa menjaga netralitas dalam mengamankan dan menyukseskan jalannya Pemilu Damai 2024," ujar Kompol Usman.


Sementara itu, Ustadz Abi Suaidi dalam ceramahnya menyampaikan pesan-pesan penting untuk dijadikan tauladan mulai dari perjalanan nabi Muhammad SAW melaksanakan Isra Mi'raj yang memiliki arti salah satu peristiwa penting yang dialami oleh Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini menjadi salah satu mukjizat dan bukti kebesaran Allah SWT. Sebab, dalam peristiwa ini Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah shalat lima waktu.


"Pelajaran yang dapat di ambil dari perjalanan Isra Mi'raj adalah kita semua akan diberikan ujian oleh Allah dalam kehidupan sehari-hari. Hikmah kedua,kita dalam menghadap Allah harus dengan hati yang bersih, sedangkan yang ketiga perbaiki shalat kita dalam kehidupan sehari-hari," ucap Abi Suaidi.


Acara peringatan Isra Mi'raj di mesjid Usman Mako Batalyon C Pelopor ditutup dengan do'a bersama yang dipimpin oleh ustadz Abi Suaidi, MA.(*Red(


Di Ikuti Oleh Ribuan Warga Jalan Sehat Bersama KIP Nagan Raya

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com- Di ikuti oleh Ribuan masyarakat dalam Kabupaten Nagan Raya, ikut antusias meramaikan jalan sehat yang gelar oleh KIP Nagan Raya, dalam rangka menyukseskan Pemilu tahun 2024.


Kegiatan jalan sehat bersama KIP Nagan Raya itu, berlangsung sabtu (10/02/2024) dengan start dan finish, jalan poros utama Gampong Lueng Baro Kompleks Perkantoran Suka Makmue.


Ketua KIP Nagan Raya Arif Budiman mengatakan, tujuan dilakukan jalan sehat bersama KIP Nagan Raya itu, untuk menciptakan serta mewujudkan Pemilu yang damai dan aman di Kabupaten tersebut.


Arif Budiman menyebutkan, dalam rangka jalan sehat itu, KIP Nagan Raya menyediakan hadiah utama 1 unit sepeda listrik, serta hadiah menarik lainnya untuk ribuan peserta tersebut.

Selain itu, KIP Nagan Raya pada senin 12 februari, mulai melakukan pendistribusian logistik untuk setiap Kecamatan, serta untuk 222 Gampong dalam Kabupaten tersebut.


Untuk itu, Arif Budiman meminta kepada PPK,PPS serta KPPS dalam Kabupaten Nagan Raya, untuk menjaga kesehatan dengan baik, sehingga dapat menyelenggarakan Pemilu dengan sukses, aman dan damai, pungkasnya.(*Red)



Ratusan Masyarakat Tergabung Lintas Profesi Deklarasi Dukung Capres Cawapres Prabowo - Gibran

Redaksi  


Nagan Raya - Ratusan masyarakat yang tergabung dalam lintas profesi nyatakan diri mendukung Capres Cawapres Prabowo-Gibran. "Deklarasi Gibran Center" yang berlangsung di salah satu hotel yang ada di Nagan Raya berjalan lancar, Sabtu, (09/02/2024).


Ketua Gibran Center Nagan Raya, Ratna Juwita kepada awak media menjelaskan kegiatan tersebut merupakan turunan dari pusat, di Nagan Raya kegiatan tersebut berkolaborasi dengan pengurus PSI Nagan Raya.


"Kalau di provinsi kami sudah di lantik oleh pengurus pusat, Bapak Hermansyah hari ini kita adakan di Nagan Raya bekerjasama dengan rekan rekan pengurus PSI," ungkap Ratna Juwita.


"Semoga pengurus Gibran Center kompak dalam berjuang memenangkan 02 (Capres cawapres Prabowo-Gibran) kami berharap 02 bisa sekali putaran," tambah Ratna.


"Kehadiran kita untuk mensosialisasikan 02, jika berminat pilihan hati masyarakat terbuka ya disini kita tidak adanya pemaksaan, kepada masyarakat Nagan Raya kami hanya ingin sampaikan jadilah pemilih cerdas, tidak termakan isu hoax," terangnya.



Kegiatan tersebut selain dihadiri lebih dari ratusan peserta yang notabennya tokoh desa mewakili seluruh kecamatan juga turut serta hadir perwakilan penguru partai pengusung dan perwakilan partai pendukung dalam Kabupaten Nagan Raya, Aceh. (*Red)




Redaksi  


 Vokaltop7.com

Redaksi  


 Vokaltop7.com

Satreskrim Polres Nagan Raya Tahan Keuchik Blang Lango Akibat Penyalahgunaan Dana Desa

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com – Akibat tidak transparan pertanggung jawaban Anggaran Desa (AD) 2017 sampai 2019, Keuchik Blang Lango dan Bendahara Gampong di Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh ditahan Tim Tipidkor Reskrim Polres Nagan Raya.


Sebelumnya, Penahanan terhadap mantan Keuchik, OD, yang saat menjabat di tahun 2017 itu dan Bendahara, SY, merangkap sebagai Ketua Tuha Peut sekaligus Bendahara Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) setempat, berdasarkan laporan dengan Nomor : LI/11/VI/2022/ACEH/RES Nagan Raya.


Kapolres Nagan Raya, AKBP Rudi Saeful Hadi, melalui Kasat Reskrim, Iptu Vitra Ramadani, menyampaikan, penahanan terhadap kedua pelaku karena penyelewengan Dana Desa (DD) di tahun 2017,2018, dan 2019. Berdasarkan hasil audit perhitungan kerugian keuangan Negara mencapai RP. 1.075.944.339.


"Hal itu sesuai dengan surat dari Inspektorat Kabupaten Nagan Raya, Nomor : 700/03/LHPK/2023 Tanggal 24 Juli 2023 tentang laporan hasil Perhitungan Kerugian Keuangan Negara (PKKN), atas perkara tindak pidana korupsi di gampong Blang Lango, Kecamatan Seunagan Timur, Nagan Raya," katanya. Jum'at 9 Februari 2024.


Kata Iptu Vitra, Dana Desa tersebut dinikmati dan dipergunakan kedua yang bersangkutan pelaku untuk kepentingan pribadi. Pada tanggal 10 Juni 2022, dimulai penyelidikan perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (TPK) tersebut.


Lanjut Vitra merincikan, berdasarkan APBG/P memiliki Anggaran Desa untuk TA.2017 SEBESAR RP.1.021.931.272, kemudian TA.2018  sebelah RP.909.334.623, dan pada TA.2019 sebesar RP.1.046.032.000, bersumber dari APBN, APBK dan Restribusi Daerah serta bagi hasil Pajak.


"Hasil pemeriksaan saksi, ahli dan dokumen, pada tahun 2017 ada dilakukan pengajuan penarikan sebanyak 6 tahap. Tahap I dan II serta Alokasi Dana Gampong (ADG) Tahap I, II, III dan ADG tahap IV yang di Silpakan dari tahun 2016," terang Vitra.


Kemudian Lanjut mantan Kasat Narkoba ini mengatakan, pada tahun 2018 ada dilakukan pengajuan penarikan sebanyak 7 tahap, penarikan DD Tahap I, II, III serta ADG Tahap I, lI, III dan Tahap IV Silpa tahun 2017.


Di tahun 2019, ada dilakukan pengajuan penarikan sebanyak 7 tahap, penarikan DD serta ADG yang di Silpakan pada akhir 2018. Yang mana setelah dilakukan penarikan DD dari tahun 2017 sampai dengan 2019, Dana tersebut di kelola, OD selaku Keuchik dan SY, selaku Bendahara.


"SY dalam hal ini juga merangkap jabatan Ketua Tuha Peut, Bendahara Desa dan Bendahara BUMG. Namun dalam pengelolaan DD, OD dan SY mengelola keuangan Desa tersebut tanpa adanya trasparansi kepada masyarakat," terang Vitra.


Selain itu, dalam pemeriksaan terhadap kedua pelaku TPK tersebut, ikut diperiksa sebanyak 11 saksi, meliputi perangkat Desa setempat, unsur pendamping Desa, dari Kecamatan, Dinas terkait, dan ahli.


Terhadap perkara tersebut, tutur Vitra, telah terpenuhi Delik Formil dan materil juga terhadap perkara tersebut telah terpenuhi unsur pasal 2 ayat (1) Jo pasal 3 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 tentang pemberantasan TPK Jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana.


"Pengembangan kasus ini, berkas perkara, OD, selaku Keuchik (P21) menunggu tahap II, Berkas perkara, SY, selaku Bendahara dan BUMG (P21) menunggu tahap II," tutupnya.(*Red)


Jumat Berkah, Polres Nagan Raya Ulurkan Bantuan Untuk Masyarakat

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.com - Kapolres Nagan Raya AKBP Rudi Saeful Hadi, memberikan perhatian khusus kepada masyarakat kurang mampu di wilayah hukum Polsek kuala pesisir dengan melaksanakan kegiatan Jumat berkah yaitu melaksanakan pembagian sembako, Dalam upaya nyata untuk meringankan beban ekonomi, Kapolres dan anggota Polres turut serta dalam pendistribusian bantuan, menciptakan ikatan empati yang kuat antara kepolisian dan masyarakat setempat.


Kapolres Rudi Saeful Hadi,mengambil inisiatif untuk mempererat keterlibatan Polres dalam kehidupan masyarakat dengan melaksanakan kegiatan Jumat Berkah. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dan memperkuat hubungan harmonis antara aparat kepolisian dan warga.


Dalam kegiatan tersebut, Kapolres  Rudi ,berinteraksi dengan warga setempat, memberikan semangat keagamaan, dan menyerap aspirasi masyarakat. Dalam suasana yang penuh kehangatan, beliau turut serta dalam kegiatan dengan menunjukkan kesediaan untuk menjadi bagian dari kehidupan komunitas.


Adapun kegiatan Jumat berkah ini dilaksanakan di halaman Polsek Kuala pesisir dan diikuti oleh pejabat utama Polres,unsur muspika kecamatan Kuala, bhabinkamtibmas dan Babinsa, serta diikuti oleh bhayangkari.


Kapolres Rudi, mengatakan “Kegiatan Jumat Berkah ini adalah salah satu cara kami untuk mendukung keberagaman dan keharmonisan bermasyarakat di Nagan Raya. Kami ingin memastikan bahwa Polres tidak hanya menjadi penegak hukum, tetapi juga mitra yang peduli dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat," ujar Kapolres.


Kapolres Nagan Raya berharap “kegiatan ini dapat menciptakan ikatan yang lebih erat antara Polres dan masyarakat. Langkah ini sejalan dengan visi Polres Nagan Raya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan daerah,”tambahnya.


Media dan masyarakat diajak untuk ikut serta menyaksikan dan mendukung upaya-upaya konstruktif seperti ini yang bertujuan untuk memperkuat fondasi harmoni dan keamanan di Nagan Raya.(*Red)

Hari Libur Disdukcapil Tetap Buka dan Berkomitmen Beri Pelayan Terbaik Untuk Masyarakat

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.,com – Menjelang hari pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.


Oleh karena itu, Disdukcapil Nagan Raya akan tetap membuka layanan pada hari libur, mulai dari tanggal, 8, 9, 10 dan 11 Februari 2024 serta tanggal 14 Februari 2024 sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Dirjen Dukcapil Kemendagri Nomor 400.8.1.2/1615/Dukcapil tanggal 6 Februari 2024. 


Pj. Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si melalui Kepala Disdukcapil Nagan Raya, Mahlil, S.E., M.Si mengatakan bahwa pihaknya ingin memastikan semua warga Nagan Raya yang memiliki hak pilih dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.


"Salah satu syarat untuk dapat menggunakan hak pilih adalah dengan memiliki KTP elektronik yang masih berlaku. Oleh karena itu, kami membuka layanan pada hari libur agar masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik atau KTP elektroniknya sudah tidak berlaku dapat mengurusnya," kata Mahlil di Suka Makmue, Jum’at (9/02/2024).


Bagi masyarakat yang ingin mengurus administrasi kependudukan dapat langsung datang ke kantor Disdukcapil Nagan Raya di Kompleks Perkantoran Suka Makmue.


“Tanggal, 8, 9, 10 dan 11 Februari 2024, layanan dibuka mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, sementara pada tanggal 14 Februari 2024 mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB,” jelas Kadisdukcapil Mahlil.


Kepala Disdukcapil Nagan Raya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera mengurus administrasi kependudukannya agar dapat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.


Adapun layanan yang tersedia pada hari libur tersebut meliputi perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik bagi pemula serta pencetakan KTP elektronik.(*Red)


Redaksi  


 Vokaltop7 .com

Redaksi  


 Vokaltop7.com

Redaksi  


 Vokaltop7 .com 

Jelang Pemilu,Bag Log Bagikan Pendistribusian Kaporlap Pam TPS Kepada Personil Polres Nagan Raya

Redaksi  

Nagan Raya,vokaltop7.com- Polres Nagan Raya telah melaksanakan pendistribusian Kaporlap PAM (Kelengkapan Perorangan Dan Lapangan) TPS (Tempat Pemungutan Suara) di Lapangan Apel Polres Nagan Raya. Rabu ,7 Februari 2024.


 Kegiatan ini merupakan bagian dari persiapan yang matang dalam rangka menyambut pelaksanaan pemilihan umum. Pendistribusian Kaporlap PAM TPS ini dilakukan dengan tujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban selama proses pemungutan suara berlangsung. Dalam acara ini, Kapolres Nagan Raya turut hadir untuk memberikan kepada personel Kaporlap PAM TPS serta memastikan bahwa proses pendistribusian berjalan lancar dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.


 Kapolres Nagan Raya, AKBP Rudi Saeful Hadi, S.I.K. menyatakan, "Pendistribusian Kaporlap PAM TPS ini merupakan bagian dari upaya kami untuk memberikan perlindungan dan pengawalan maksimal dalam pelaksanaan pemilihan umum di wilayah Nagan Raya. Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses berlangsung, sehingga masyarakat dapat melakukan hak pilihnya dengan aman dan nyaman,"kata Rudi. 


Kegiatan pendistribusian Kaporlap PAM TPS ini juga melibatkan kerjasama antara Polres Nagan Raya dengan instansi terkait lainnya guna memastikan pelaksanaan pemilihan umum dapat berjalan dengan lancar dan tertib.


 Diharapkan, dengan adanya pendistribusian Kaporlap PAM TPS ini, proses pemilihan umum di wilayah Nagan Raya dapat berjalan dengan baik dan menciptakan suasana yang kondusif bagi seluruh masyarakat untuk berpartisipasi dalam demokrasi.(*Red)



Musrembang Darul Makmur TA 2024 Prioritaskan Aspal jalan, Kesehatan dan Pengadaan Transportasi Untuk Keuchik

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.com- Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Kecamatan Darul Makmur kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh,sejumlah Keuchik Gampong meminta agar diprioritaskan pengaspalan jalan, meningkatkan pasilitas kesehatan serta pengadaan Sepada Motor sebagai alat transportasi untuk para Keuchik Gampong di wilayah tersebut 


"Diketahui Acara Musrembang tersebut dihadiri oleh seluruh para Keuchik dan tuha peut Gampong, pendamping desa se- kecamatan Darul serta jajaran Muspika, anggota DPRK Dapil 2 dan sejumlah dinas instansi terkait kabupaten Nagan Raya, senin (05/02/2024) bertempat di Gedung Serba Guna Alue bilie 


Camat Nazaruddin S.sos selaku ketua panitia musrembang Kecamatan Darul makmur mengatakan musyawarah Perencanaan pembangunan ( Musrembang) bertujuan nya adalah untuk meningkatkan nilai tambah melalui penyediaan Infrastruktur dan hilirisasi sektor pertanian dan perikanan untuk memantapkan kemandirian ekonomi serta kemiskinan, dianya berharap semoga para peserta mengikuti dengan serius dengan sungguh- sungguh untuk keperluan kita semua, semoga Allah memberikan hidayah nya kepada kita semua” Ungkapnya


Selanjutnya memasuki sesi tanya jawab serta usulan, Keuchik gampong pulo Tengah Zamri mengusulkan agar prioritas jalan lintas desa diaspal demi untuk kelancaran transportasi antar desa maupun jalan menuju akses kecamatan


Sementara Keuchik Gampong Simpang Deli Kilang Saiful Efendi memohon kepada pj Bupati Nagan Raya untuk Tahun Anggaran 2024 agar dimasukkan Pengadaan Kendaraan dinas Keuchik roda dua, sebab kendaraan lama sering rusak rusak sehingga mengganggu aktifitas dan kelancaran dalam menjalankan tugas tugas di kecamatan maupun Tugas dinas di Kabupaten


Pejabat Pj Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas diwakili Asisten Amran Yunus, ST. MP bahwa Musrembang tingkat kecamatan merupakan wadah untuk musyawarah antar pemangku kepentingan dalam menindaklanjuti langkah- angkah program kegiatan prioritas yang terintegrasi dengan musrembang desa se – Kecamatan Darul Makmur , musrembang bertujuan untuk mendengar dan menampung segala usulan kegiatan pembangunan dengan pendekatan dari bawah ke Atas, kemudian perencanaan yang di susun sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah sebagai sebuah bentuk Fasilitator .


Amran Yunus mengatakan pendekatan adalah merupakan upaya melibatkan semua pihak sejak awal sehingga setiap usulan serta keputusan yang diambil dalam perencanaan adalah sebuah bahan pertimbangan untuk mengambil keputusan, kegiatan musrembang kecamatan Darul makmur adalah untuk membahas dan menyepakati usulan yang menjadi kegiatan prioritas, bahwa semua usulkan akan di komunitas dan menjadi bahan masukan bagi kami ditingkat kabupaten," Pungkasnya.(*Red)



PJ Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas AP, S,Sos M,Si dan Management PT.BSP Salurkan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat Kurang mampu

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.com-  Pejabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas AP, S,Sos M,Si didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)  Rahmatullah S, STP, M S,i  bersama Manajemen PT Beurata Subur Persada ( PT-BSP,) Babah Dua,kecamatan Tadu Raya kabupaten Nagan Raya,Aceh kembali salurkan bantuan CSR tahap 4 untuk warga kurang mampu Gampong Babah Dua dan Gampong Ujong Fatihah dalam bentuk Sembako Jum'at, (02/02/2024)


“Diketahui acara penyerahan bantuan Program CSR tersebut berlangsung di kantor Keuchik Gampong Babah Dua, yang dipandu oleh Ardiansyah Lubis (Manager PMKS PT BSP) didampingi Humas Marwan  dan M.Rizky Armayanda (KTU PMKS PT BSP), Bantuan diserahkan langsung oleh Pj Bupati Nagan Raya kepada 14 Kepala Keluarga KK penerima dari Gampong Babah Dua dan 1 Kepala keluarga KK dari Gampong Ujong Fatihah 


Adriansyah Lubis dalam sambutanya mengatakan, Bantuan yang diberikan tersebut merupakan menuntaskan Tahap 4 program Corporate Sosial responsibility ( CSR)  Anggaran Tahun 2023 lalu, dalam bentuk sembako terdiri dari Beras, minyak Goreng, Telur dan Gula  untuk 15 KK warga gampong merupakan salah satu bagian dari program CSR PT BSP 30% Anggaran yang dikelola Pemkab Nagan Raya Melalui Bappeda, bertujuan untuk membantu warga kurang mampu yang berada di lingkungan PMKS PT BSP terutama Gampong Babah Dua dan sekitarnya, makanya pada hari ini diserahkan langsung Oleh Ibu Pj Bupati Nagan Raya bersama Kepala Bappeda, kami atas nama manajemen PMKS PT  BSP selalu komit dengan berbagai program CSR sebagai mana hasil Musrenbang serta berkontribusi untuk berbagai program yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kabupaten Nagan Raya,” ucapnya


Pj Bupati Nagan Raya dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada pihak manajemen PMKS PT BSP yang sudah berkontribusi kepada masyarakat kurang mampu dilingkungan perusahannya, sepanjang perusahaan beraktifitas di wilayah tersebut, maka sudah menjadi sebuah kewajiban untuk memberikan CSR sebagai mana yang sudah ditetapkan dalam Musrenbang ditingkat kabupaten melalui Bappeda


Pj Bupati Fitriany Farhas, juga mengajak masyarakat setempat untuk terus bekerja sama yang baik dengan pihak perusahaan, terutama tentang gangguan keamanan sebab bila perusahaan lancar dan aman beroperasi, masyarakat disekelilingnya ikut terbantu baik itu tentang pekerjaan untuk menjadi karyawan perusahaan maupun bantuan lainnya sehingga terwujud sebuah kerja sama yang saling menguntungkan


"Bila ada pembagian bantuan baik dari pemerintah maupun dari pihak perusahan yang tidak tepat sasaran sambung Fitriany Farhas, masyarakat jangan ragu ragu untuk melaporkan kepada Camat setempat untuk diteruskan ketingkat Kabupaten, asalkan informasi tersebut benar tetap akan ditindak lanjuti, baik itu Bansos maupun bantuan bantuan lainnya," pungkasnya


Turut hadir dalam acara pembagian bantuan Program CSR Tahap 4 PMKS PT BSP Camat Tadu Raya Bustami S Pd ,Keuchik Gampong Babah Dua Samsul Bahri, aparatur dan Tuha Peut Gampong setempat.(Red)

PJ Bupati Nagan Raya perdana operasional bus angkutan perintis

Redaksi  


 

Nagan Raya ,vokaltop7.com – Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si melaunching perdana operasional bus angkutan perintis trayek Blang Puuk Kec. Beutong Ateuh Banggalang - Ujong Fatihah Kec. Kuala.


Peluncuran bus yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas ll Aceh itu dilakukan di Halaman Kantor Bupati, Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Kamis (1/2/2024). 


Dalam sambutannya, Pj. Bupati Fitriany Farhas menyampaikan terima kasih kepada BPTD Kelas ll Aceh yang telah memberikan bantuan bus angkutan perintis tersebut.


Menurut Fitriany, pada tanggal 29 September 2023 yang lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya mengajukan usulan dan proposal angkutan perintis kepada Kementerian Perhubungan melalui Direktur Jenderal Perhubungan Darat.


“Alhamdulillah, bantuan bus angkutan perintis dari Kemenhub kita terima pada hari ini, dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Nagan Raya, khususnya masyarakat Beutong Ateuh yang ingin bepergian” ujar Fitriany.


Pj. Bupati Ftriany juga menceritakan secara singkat tentang Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang yang memiliki 4 desa, terletak di kawasan pegunungan Singgah Mata dan melewati jalan yang berkelok-kelok serta memiliki banyak tanjakan dan turunan. 


"Selain sudah tersedia akses internet 4G, dan sekarang dengan adanya bus ini, akan memudahkan akses dan mobilitas masyarakat, cukup dengan membayar Rp15.000," kata Pj. Bupati Fitriany Farhas.


Pj. Bupati Fitriany juga meminta kepada masyarakat Beutong Ateuh untuk memanfaatkan bus angkutan perintis tersebut serta menjaga fasilitas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. 


Sementara itu Kepala BPTD Kelas ll Aceh, Ir. Mulyahadi, MSTr, menjelaskan bantuan bus angkutan perintis tersebut berupa Toyota HiAce yang sebenarnya berkapasitas 14 orang dan dikelola oleh Perum Damri.


“Demi kenyamanan, hanya diisi oleh 10 orang penumpang, agar nanti juga bisa memuat barang, dengan jarak tempuh 84 kilometer, jadi pulang pergi (PP) 168 kilometer,” jelas Mulyahadi


Untuk jadwal keberangkatan lanjut Mulyahadi, setiap hari mulai pukul 07:00 WIB dari Blang Puuk, Beutong Ateuh Banggalang ke Ujong Fatihah, Kuala dan kembali ke Beutong Ateuh Banggalang pukul 17:00 WIB.


“Keberangkatan PP setiap hari, untuk ongkos sudah disubsidi sebesar 70% oleh Kemenhub melalui BPTD Kelas ll Aceh, jadi masyarakat hanya dibebankan 30%, termasuk sopir nanti disiapkan dan berdomisili di Beutong Ateuh” demikian kata Mulyahadi.


Sementara itu kadis perhubungan Anto saat dikonfirmasi oleh media ini di ruang kerjanya ,kamis (1/2/2024) mengatakan dengan adanya bantuan operasional bus angkutan perintis trayek Blang Puuk Kec. Beutong Ateuh Banggalang - Ujong Fatihah Kec. Kuala dalam hal ini sangat berterima kasih kepada semua pihak baik pemerintah pusat dan daerah yang telah memberikan bantuan bus tersebut "kata Kadishub


Dikatakannya ,bantuan operasional Bus  tersebut dengan melalui proposal yang kami ajukan pada September 2023 lalu  dan Alhamdulilah pada Januari 2024 ini dapat   Satu unit bus diakuinya dalam proposal tersebut kita buat 2 buah yang kami minta ,Namun demikian  tidak jadi masalah walaupun hanya satu buah mobil yang di bantu tersebut dan itu juga sudah sangat terbantu untuk masyarakat Nagan Raya "jelas Anto 


Turut hadir dalam acara tersebut, para Asisten Sekda, Sejumlah Kepala SKPK, General Manager Perum Damri Aceh, Camat Beutong Ateuh Banggalang serta para Keuchik dan tokoh masyarakat Beutong Ateuh Banggalang.(*Red)