VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Sah DPW Partai SIRA, Dukung TRK Sebagai Balon Bupati Nagan Raya

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.,com - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW)  Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh (SIRA) Kabupaten Nagan Raya, telah sah mendukung Dr.Teuku Raja Keumangan,SH,MH atau sering disapa TRK sebagai Bakal Calon Bupati Nagan Raya tahun 2024.


Sebagai bukti dan sah mendukung TRK sebagai Bacalon Bupati Nagan Raya itu, DPW Partai SIRA telah menyampaikan hasil keputusan rapat pengurus partai tersebut,terkait dukungan terhadap  Bacalon Bupati Nagan Raya kepada DPP Partai SIRA di Banda Aceh.


Ketua DPW Partai SIRA Nagan Raya, Raja Sayang  Rabu (31/7/2024) mengatakan, setelah pihaknya mengkaji baik kapasitas, kapabilitas serta integritas kandidat, maka SIRA Nagan Raya telah menentukan sikap, bahwa TRK akan diusung sebagai Bacalon Bupati Nagan Raya pada Pilkada tahun 2024.


Legislator DPRK Nagan Raya itu juga mengatakan, sedangkan persoalan pedamping sebagai Bacalon Wabup untuk mendampingi TRK, akan dikembalikan ke Cabup yang diusung oleh Partai Golkar.


Oleh karena itu, dengan telah sah Partai SIRA mendukung TRK sebagai Bacalon Bupati Nagan Raya, maka dia meminta kepada pengurus serta simpatisan partai itu, untuk bekerja keras serta mencari simpati masyarakat, guna Balon yang didukung itu dapat meraih kemenangan nantinya, kata Raja Sayang kepada media ini.


Sementara itu Ketua MPW Partai SIRA H.Ruslim,SH Menambahkan, sebagaimana isu beredar dilapangan, bahwa Raja Sayang merupakan salah satu putra terbaik Darul Makmur yang akan mendampingi TRK.


Bahkan bila duet pasangan itu, maka sangat diperhitungkan pada Pilkada nantinya.Apalagi kata H.Ruslim, pada Pemilu yang lalu, Raja Sayang mampu meraih 8.700 suara, dan terbanyak ketiga diantara Caleg DPRA lainnya di Nagan Raya, ungkapnya.


Mantan anggota DPRK Nagan Raya juga menyebutkan, ada beberapa Calon yang merapat ke Partai SIRA, tapi partai tersebut telah memberikan pilihan kepada TRK yang juga cucu kandung dari Abu Habib Muda Seunagan.


Disamping itu, H.Ruslim juga meyampaikan, bahwa untuk mendampingi TRK dan kontestan Pilkada itu, hanya Raja Sayang yang akan direkomendasikan dari Partai SIRA.Insya Allah, duet pasangan itu akan mampu meningkatkan berbagai kesejahteraan untuk Kabupaten Nagan Raya mendatang, sebutnya.


Selanjutnya H.Ruslim juga menaruh harapan, agar salah satu kader terbaik partai SIRA yaitu Raja Sayang, dapat disandingkan dengan TRK, pasalnya Raja Sayang pantas jadi Cawabup TRK sebagaimana telah beredar isu di medsos,serta mendapat respon positif dari berbagai kalangan masyarakat, tukas H.Ruslim tersebut.(*Red)


Satu Data Indonesia Berikan Masyarakat Data Pertanahan yang Lebih Baik dan Akurat

Redaksi  



Jakarta ,vokaltop.com– Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) ikut berintegrasi dengan program Satu Data Indonesia (SDI) yang sedang digalakkan pemerintah. Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menegaskan bahwa digitalisasi layanan pertanahan akan memberi kemudahan bagi masyarakat. Transformasi digital yang dilakukan Kementerian ATR/BPN perlu didukung birokrasi yang melayani, bukan mempersulit dan bukan malah memperlambat, serta harus memuaskan masyarakat.


Dalam rapat yang berlangsung di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Sekretaris Jenderal (Sekjen), Suyus Windayana yang hadir mewakili Menteri AHY kembali menegaskan fungsi integrasi data ini. “Jadi _one data_ ini bagaimana mengintegrasikan data, membuat data yang ada lebih simpel. Masyarakat kemudian bisa mendapatkan data yang lebih baik, lebih akurat,” ujarnya pada Selasa (30/07/2024).


Dengan SDI, pemerintah berusaha menyederhanakan berbagai macam data yang selama ini dikelola masing-masing kementerian/lembaga. Salah satu contoh penyederhanaan yang akan dilakukan ialah menyatukan nomor identifikasi tanah antara nomor induk bidang tanah (NIB) pada Kementerian ATR/BPN dengan nomor objek pajak yang ada di pemerintah daerah.


Untuk itu, Suyus Windayana menyampaikan, ada dua data pertanahan yang akan diintegrasikan dalam SDI. “Data yang akan dimasukkan dari kita itu ada dua. Pertama data spasial yang terdiri dari data bidang tanah, IGT (Informasi Geospasial Tematik), kemudian data mengenai tata ruang. Dan yang kedua, data mengenai Sertipikat Tanah Elektronik, sehingga Sertipikat Tanah Elektronik masyarakat bisa dengan mudah mengecek,” jelasnya.


Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas menyatakan, inisiatif SDI ini berkaitan dengan transformasi digital yang dilakukan pemerintah. Tujuannya agar di kemudian hari masyarakat bisa menikmati kekayaan data yang sejatinya sudah dimiliki bangsa, hanya saja belum terintegrasi. 


Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa menyampaikan, hal terpenting dalam SDI ialah melakukan standarisasi data, sehingga bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh masyarakat. Untuk itu, SDI akan menyajikan data yang akurat, dapat dipercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan.


Turut hadir dalam rapat ini, sejumlah Menteri dan Kepala Lembaga Kabinet Indonesia Maju beserta jajaran; Direktur Jenderal Survei dan Pemetaan Pertanahan dan Ruang, Virgo Eresta Jaya; Kepala Pusat Data dan Informasi Pertanahan, Tata Ruang dan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan, I Ketut Gede Ary Sucaya; serta Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama, Dony Erwan Brilianto. (*Red)



Pemkab Nagan Raya ,BAPPEDA Menggelar Rakor Tentang PUG

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dan Percepatan Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam Perencanaan Pembangunan Daerah.


Rakor yang mengusung agenda "Penguatan Kapasitas Tim Teknis Pengarusutamaan Gender Kabupaten Nagan Raya," itu berlangsung di Aula Bappeda Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Rabu (31/7/2024).


Dalam sambutan saat membuka Rakor tersebut, Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si diwakili Kepala Bappeda, Rahmattullah, S.STP., M.Si  menyampaikan bahwa upaya pembangunan gender di Kabupaten Nagan Raya dapat dilihat dari Indeks Pembangunan Gender (IPG) selama 4 tahun terakhir yang terus meningkat.


“Tahun 2020 IPG Kabupaten Nagan Raya 90,31, tahun 2021 IPG meningkat menjadi 90,37 dan pada tahun 2022 IPG semakin membaik menjadi 90,83, Tahun 2023 IPG Kabupaten Nagan Raya mencapai 91,02,'' ungkap Rahmattullah. 


Selain itu, Kabupaten Nagan Raya juga telah memperoleh penghargaan Parahita Ekapraya (APE) Kategori Pratama untuk pertama kalinya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 


“Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran kepala daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender melalui strategi Pengarusutamaan Gender (PUG),” ujarnya.


Rahmat menambahkan bahwa pada tahun 2023 yang lalu, Pemkab Nagan Raya juga mendapatkan dana Transfer Anggaran Berbasis Ekologi (TAPE) dari Pemerintah Aceh. 


"Hal ini merupakan bentuk bantuan keuangan bersifat khusus untuk kabupaten yang dapat memenuhi 8 indikator kinerja daerah salah satunya adalah pelaksanaan PUG," jelas Rahmatullah. 


Sebelumnya Kepala Bidang Bidang Pemerintahan, Sumber Daya Manusia dan Keistimewaan (PSDMK) Bappeda, Muhammad Ar'rafi, S.Kel., M.Sc mengatakan diperlukan penguatan kapasitas tim koordinasi, dan penguatan kapasitas para pemangku kepentingan yang ada di Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) untuk mengimplementasi dan mengintegrasikan pengarusutamaan gender ke dalam perencanaan pembangunan daerah.


"Rakor ini diikuti oleh 44 peserta yang merupakan pejabat administrator terkait dari SKPK Nagan Raya," kata Ar'rafi.


Kegiatan dilanjutkan pemaparan materi tentang Revitalisasi PUG oleh narasumber Dasrita Bakri, S.Si., MPA yang merupakan Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga pada Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Aceh.(*Red)






UPTD Puskesmas Padang Panyang Luncurkan 6 Inovasi Program Kesehatan

Redaksi  


 Nagan Raya,vokaltop7.com- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Padang Panyang, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Acsh luncurkan enam inovasi program kesehatan diantaranya, Giok Hati, Ibu Pelita, Semanis Papa, Pucuk Rebong, Sawit dan Nelayan Pesisir. 


Kepala UPTD Puskesmas Padang Panyang, Darmansyah, MKM mengatakan, dengan diluncurkan enam Inovasi ini, ia mengharapkan agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Setinggi-tingginya di wilayah kerja UPTD Puskesmas Padang Panyang.


"Program ini sebagaimana tercantum pada Visi UPTD Puskesmas setempat yaitu "Puskesmas Padang Panyang Sebagai Pelayanan Publik Unggulan Bidang Kesehatan Bagi Masyarakat"


Adapun, kata Kepala UPTD Puskesmas Padang Panyang, program unggulan yang diluncurkan pada Senin (29/7/2024) itu memiliki arti masing-masing, diantaranya : 


1. GIOK HATI


Program ini singkatan dari "Gerakan Intergrasi Obati dan Konsultasi Hipertensi" merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang menjadi prioritas wilayah kerja UPTD Puskesmas Padang panyang. 


Inovasi GIOK HATI ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang komprehensif terdiri atas upaya Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif.


2. IBU PELITA


Program ini singkatan dari "Ibu Pelihara Gigi Balita" Inovasi ini dicanangkan agar Balita, khususnya Balita Stunting di Kabupaten Nagan Raya di wilayah kerja UPTD Puskesmas Padang Panyang Bebas Karies. 


Inovasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi orangtua tua, terutama  seorang ibu untuk menjaga serta merawat Kesehatan Gigi serta mulut dengan cara yang benar.


3. SEMANIS PAPA

Program ini singkatan dari "Sehat bersama Prolanis Puskesmas Padang Panyang" yaitu penyakit kronis menduduki urutan atas penyebab kematian terbanyak di Indonesia, sehingga proses penanganan penyakit ini perlu dilakukan dengan baik.


Selain itu, Hipertensi dan Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronis yang memerlukan penanganan yang prioritas.


Prolanis merupakan program pengelolaan penyakit kronis (Hipertensi dan Diabetes Mellitus). Inovasi ini bertujuan untuk mendorong peserta prolanis UPTD Puskesmas Padang Panyang tetap sehat dan semangat dalam menjaga kesehatannya untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dan mencegah timbulnya komplikasi penyakit.


4. PUCUK REBONG


Yaitu singkatan dari "Penandaan Untuk Cara taU Kapan Rentang Biasanya Obat amaN di Gunakan", inovasi ini merupakan salah satu inovasi yang didedikasikan untuk mempermudah staf farmasi, pasien, dokter serta para staf di ruang UGD dan rawat inap, untuk tau kapan dan obat apa saja yang akan memasuki kadaluarsa dalam waktu dekat, serta memudahkan pasien untuk mengetahui informasi mengenai beyond use date masing-masing obat yang diterima.


5. SAWIT


Program ini singkatan dari "Sanitasi Aman Warga Ikut Tenang" yaitu Inovasi yang bertujuan untuk mengajak masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Padang Panyang untuk mewujudkan sanitasi yang aman sehingga dapat menurunkan angka kesakitan yang diakibatkan oleh sanitasi yang kurang baik.


6. NELAYAN PESISIR


Singkatan dari "Pelayanan Terpadu, Terintegrasi & Terorganisir" Inovasi ini bertujuan menggabungkan beberapa program kesehatan, sehingga semua pelayanan kesehatan mengikuti siklus Kehidupan.(*Red)


Polres Nagan Raya Raih Penghargaan Terbaik 1 dalam Penanganan Karhutla Semester 1 Tahun 2024

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com--  Polres Nagan Raya menerima penghargaan terbaik 1 dalam upaya penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) tertinggi untuk semester 1 tahun 2024, Rabu, 31 Juli 2024.


Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Kapolda Aceh Irjen. Pol Achmad Kartiko,S,.IK, M.H. pada saat acara Gelar Operasional Semester I Tahun 2024 di Polda Aceh. 


Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap dedikasi dan kinerja Polres Nagan Raya dalam mengatasi serta mencegah kebakaran hutan dan lahan yang seringkali mengancam lingkungan dan kesehatan masyarakat. Selama enam bulan pertama tahun 2024, Polres Nagan Raya telah menunjukkan komitmen yang tinggi melalui berbagai upaya pencegahan, penanganan kebakaran, serta koordinasi yang baik dengan pihak-pihak terkait.


Kapolres Nagan Raya, AKBP Rudi Saeful Hadi, S.ik,  mengungkapkan kebanggaannya atas penghargaan ini. "Penghargaan ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi dari seluruh anggota Polres Nagan Raya serta dukungan masyarakat dan instansi terkait. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya kami dalam menjaga lingkungan dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ujar Rudi. 


Keberhasilan ini juga diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh jajaran kepolisian di Polda Aceh untuk lebih giat dalam penanganan masalah Karhutla dan isu-isu lingkungan lainnya.


Dengan penghargaan ini, Polres Nagan Raya tidak hanya mengukir prestasi di tingkat Polda Aceh, tetapi juga memberikan contoh nyata tentang bagaimana penanganan Karhutla dapat dilakukan secara efektif dan efisien.(*Red)


Apresiasi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas, Menteri AHY Ajak Peserta juga Bertanggungjawab pada Isu Dunia

Redaksi  


Jakarta ,vokaltop7.com- Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengapresiasi kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan yang berlangsung pada 22 s.d. 28 Juli di Gedung Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta. Menurutnya, pelatihan ini membangun rasa tanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang bidang ketahanan nasional.


“Saya bahagia dan bangga bisa secara langsung hadir di Lemhannas. Kita harus menjadi warga, bangsa yang bisa tetap menjaga kedaulatannya tapi juga bertanggung jawab pada isu-isu dunia, termasuk ekonomi, politik, sosial, demokrasi, dan lain sebagainya,” ujar Menteri AHY saat menjadi narasumber di kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan pada Kamis (25/07/2024).


Menteri AHY menambahkan bahwa hal tersebut menjadi bagian dalam menyongsong 100 Tahun kemerdekaan bangsa yang dapat menciptakan berbagai perwujudan, diantaranya  Indonesia yang aman dan damai, adil dan sejahtera, serta maju dan mendunia.


Pada kesempatan tersebut, Menteri AHY mengajak para peserta menjadi motor penggerak dalam menyiapkan strategi mewujudkan Indonesia Emas 2045. “Tentu kita berharap tidak hanya menjadi cita-cita atau mimpi saja, namun benar-benar terwujud karena kita punya modal yang kuat, termasuk sumber daya alam dan sumber daya manusia yang secara kuantitatif besar,” tegasnya.



Adapun materi yang dipaparkan dalam kegiatan ini adalah nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari Empat Konsensus Dasar Bangsa, yaitu Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Sesanti Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini bertujuan agar para peserta mampu mentransformasikan nilai-nilai kebangsaan ke dalam pola pikir, pola sikap, dan pola tindak kehidupan sehari-hari dalam rangka pembentukan kepribadian masyarakat Indonesia.


Selain Menteri AHY, sesi pemaparan materi juga diisi oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin. Agenda pelatihan secara rinci berisi pembinaan, diskusi antar kelompok, literasi digital, serta pembangunan karakter bangsa melalui Revolusi Mental. Harapannya, pelatihan ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan kesadaran peserta untuk memperkuat ketahanan nasional sebagai upaya menjaga keutuhan serta keamanan negara.


Hadir mendampingi Menteri AHY dalam kegiatan ini, Staf Khusus Bidang Manajemen Internal, Agust Jovan Latuconsina; Tenaga Ahli Bidang Kerja Sama Lembaga, Widanardi Satryatomo; dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Harison Mocodompis. Turut hadir, Plt. Gubernur Lemhannas, Eko Margiyono; Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas, Rido Hermawan; dan sejumlah Pengurus Pusat IA-ITB. (*Red)



Kejaksaan Negeri Nagan Raya Melakukan Eksekusi Cambuk Terhadap Terdakwa Pelaku Jarimah Maisir

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.com-Kejaksaan Negeri (Kejari) Nagan Raya melaksanakan eksekusi cambuk di depan publik terhadap dua orang pelaku Jarimah Maisir  kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Kejaksaan Negeri Nagan Raya Kecamatan Suka Makmue.Selasa (30/7/2024)

.


Pelaksanaan ‘uqubat cambuk yang berlangsung  ini sebagai pelajaran bagi masyarakat agar tidak terjerumus dalam pelanggaran Syariat Islam, terutama pelanggaran yang diatur dalam Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat. 


Sehubungan dengan Keputusan Presiden Nomor 21 Tahun 2024 tentang Satuan Tugas Pemberantasan Perjudian Daring, Jaksa Agung Republik Indonesia melalui Jaksa Agung Muda Intelijen, Prof Reda Manthovani, juga menekankan terkait pemberantasan judi online yang semakin meresahkan masyarakat belakangan ini. Sebagai upaya mendukung percepatan pemberantasan perjudian online,


 Kemudian”Jaksa Agung Muda Intelijen meminta agar seluruh jajaran Kejaksaan di Republik Indonesia melaksanakan Penerangan Hukum dengan cara menghimbau melalui materi tentang pemberantasan judi online, serta menampilkan iklan layanan masyarakat melalui media sosial, billboard, dan media lainnya.


Selanjutnya”eksekusi tersebut,bertindak sebagai Jaksa Eksekutor adalah Yoga Mohd Afdhal, S.H. Sebelum eksekusi dimulai, Jaksa Eksekutor membacakan putusan Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue Nomor: 6/JN/2024/MS.Skm yang menjatuhkan hukuman cambuk terhadap Ismail bin Abdullah sebanyak 6 kali cambukan (8 cambuk dipotong masa tahanan), dan putusan Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue Nomor: 7/JN/2024/MS.Skm yang menjatuhkan hukuman cambuk terhadap Sapril Hamdani Sembiring bin Pandi sebanyak 6 kali cambukan (8 cambuk dipotong masa tahanan). Keduanya secara terbukti secara sah dan bersalah melakukan jarimah Maisir, sebagaimana diatur Pasal 18 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat.




Setelah eksekusi dilakukan oleh Algojo, Tim medis yang telah disediakan segera memeriksa kondisi dari terhukum untuk melihat apakah keduanya memerlukan pertolongan medis atau tidak. Harapannya dari hukuman tersebut, dapat menjadi pelajaran bagi terhukum dan masyarakat Nagan Raya lainnya agar terhindar dan meninggalkan kegiatan judi online. Terhukum kemudian dimasukkan kembali ke mobil tahanan untuk dibawa ke Lapas Meulaboh.


Turut hadir Dalam kegiatan tersebut 

 Ketua Mahkamah Syar’iyah Suka Makmue, Ahmad Mudlofar, S.H.I.

 Kepala Satpol PP dan WH, Saiful Bahri, S.H , Perwakilan RSUD Sultan Iskandar Muda, dr. Bambang,Plh. Kajari Nagan Raya, Achmad Rendra Pratama R, S.H., M.H selaku Kasi Intelijen Kejari Nagan Raya, Kasi Pidum Kejari Nagan Raya, Ahmad Buchori, S.H., M.H, Kasi Pidsus Kejari Nagan Raya, Hendrio Suherman, S.H., M.H ,Jaksa Eksekutor, Yoga Mohd Afdhal, S.H , Satpol PP dan Wilayatul Hisbah Nagan Raya, RSUD Sultan Iskandar Muda, dan keluarga terhukum.,(*Red)


Satreskrim Polres Nagan Raya Kembali Amankan Pelaku Judi Online.

Redaksi  


NAGAN RAYA ,vokaltop7.com-Sat Reskrim Polres Nagan Raya kembali berhasil mengamankan 3 (tiga) orang yang diduga bermain judi jenis kartu domino dan judi slot di Kabupaten setempat.


Dua pelaku diamankan di Desa Karang Anyer Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya Sabtu 27 juli 2024 terkait judi kartu domino.


Satu orang lainnya diamankan di Desa Lamie kecamatan Darul Makmur Kab. Nagan Raya terkait judi slot hari Minggu tanggal 28 Juli 2024.


Kapolres Nagan Raya AKBP Rudi Saeful Hadi. S.I.K. melalui Kasat Reskrim IPTU Vitra Ramadani, S.H., M.Si. menyampaikan, ke 3 orang yang ditangkap tersebut berinisial AH (36), HO (40), DH (31).


“Benar, bahwa kita telah mengamankan 3 orang di Nagan Raya yang bermain judi jenis slot dan kartu domino. ini adalah komitmen Polri, dalam hal ini Polres Nagan Raya dalam memberangas judi online maupun offline” kata Vitra Ramadani,Senin (29/07/2024).


Kata vitra,bersama mereka juga ikut diamankan barang bukti berupa uang tunai sebanyak Rp. 4.932.000,lalu 1 set kartu remi, 2 unit handphone genggam, 1 lembar kain alas tempat duduk,2 dan unit sepeda motor.


sedangkan satu orang yang diamankan terkait judi slot berinisial DH (31) dengan barang bukti yang ikut disita berupa 1 handphone, dan saldo judi slot Rp. 956.530.


Saat ini, kata Vitra Ramadani, tiga pemain judi tersebut beserta barang bukti diamankan di Polres Nagan Raya untuk diproses hukum.


“pelaku dijerat Pasal 19 atau Pasal 18 Jo Pasal 22 Jo Pasal 6 Ayat (1) Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat diancam cambuk paling banyak 30 kali atau denda paling banyak 300 gram emas murni atau penjara paling lama 30 bulan,”ungkapnya.


Ia mengatakan penangkapan yang dilakukan pihaknya upaya keras Polres Nagan Raya dalam memberantas praktik perjudian online maupun offline terlebih hal tersebut sangat meresahkan masyarakat.


“Kita menghimbau masyarakat untuk tidak terlibat dalam praktik perjudian dalam bentuk apapun dan mendukung upaya pemberantasan kejahatan demi terciptanya keamanan dan ketertiban di Nagan Raya,”tutupnya.(*Red)


Brimob Aceh Gelar Saweu Sikula Di SMA Negeri 1 Seunagan

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com-Komandan Batalyon C Pelopor Kompol Usman,SE,MM yang diwakili oleh Plt. Pasi Ops Batalyon C Pelopor Ipda Ulil Azmi Azwani, SE bersama dengan personel Batalyon C Pelopor melaksanakan kunjungan dan sosialisasi di SMA Negeri 1 Seunagan Kabupaten Nagan Raya. Senin,(29/07/2024).


Personel Satuan Brimob Polda Aceh Batalyon C Pelopor disambut hangat oleh kepala sekolah SMA Negeri 1 Seunagan ibu Raudhah Safira,S.Pd bersama dengan dewan guru dan seluruh siswa-siswi.


Pada kesempatan yang diberi tema "Brimob Saweu Sikula" tersebut Plt. Pasi Ops Batalyon C Pelopor Ipda Ulil Azmi Azwani, SE bertindak sebagai pembina upacara memberikan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, bahaya judi online dan sosialisasi tentang wawasan kebangsaan.


"Saya mengharapkan kepada seluruh siswa-siswi SMA Negeri 1 Seunagan agar menjauhi yang namanya narkoba dan judi online, karena narkoba dan judi online dapat merusak jiwa dan mental kita baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan keluarga," ucap Ipda Ulil Azmi Azwani dalam amanatnya.


Sedangkan kepala sekolah SMA Negeri 1 Seunagan Ibu Raudhah Safira,S.Pd sangat berterimakasih dengan kedatangan personel Satuan Brimob Polda Aceh Batalyon C Pelopor ke sekolah nya. Beliau berharap supaya kegiatan ini dapat terus digalakkan kedepannya.(*Red)


Hadir Menjadi Pembicara di Lemhannas, Menteri AHY: Butuh Kepemimpinan Transformasional untuk Wujudkan Indonesia Emas 2045

Redaksi  


Jakarta,vokaltop7.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi narasumber dalam kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan di Gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas), Jakarta, Kamis (25/07/2024). Dalam kesempatan ini, ia menyampaikan bahwa Indonesia Emas 2045 dapat terwujud dengan menyatukan sumber daya alam dan sumber daya manusia.


“Kepemimpinan transformasional, kepemimpinan yang bisa menyatukan semua elemen bangsa, punya visi jauh ke depan, bisa melipatgandakan dan sekaligus mengorkestrasi sumber daya bangsa. Dengan ini, mudah-mudahan kita semua bisa menjadi bagian dari kemajuan, termasuk Kementerian ATR/BPN,” ujar Menteri AHY.


Di hadapan ratusan peserta yang terdiri dari Smandel Business Network (SBN), Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB), Indonesia Financial Group (IFG), dan BPJS Ketenagakerjaan, Menteri AHY menjelaskan bahwa Kementerian ATR/BPN berurusan dengan agraria, tata ruang, dan pertanahan yang sangat penting dalam kehidupan bangsa. Di mana tanah akan semakin bernilai seiring dengan bertambahnya penduduk, sehingga tata ruang harus tepat sasaran dan produktif agar menghasilkan pertumbuhan ekonomi.


“Investasi akan datang jika ada kepastian hukum atas tanah. Ini yang sedang kita kerjakan. Mudah-mudahan kami bisa terus bekerja dengan sebaik-baiknya. Keadilan dan kesejahteraan adalah milik seluruh rakyat Indonesia, mari kita terus perkuat sinergi dan kolaborasi dalam visi misi, dan tentunya energi yang sama, energi yang satu, untuk Indonesia Emas di tahun 2045,” terang Menteri AHY.


Terkait dengan investasi, Menteri AHY menuturkan bahwa pada pagi hari ini, ia menghadiri peluncuran Golden Visa Indonesia oleh Presiden Joko Widodo di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. Golden Visa tersebut dapat memberi kemudahan bagi warga negara asing (WNA) dalam berinvestasi dan berkarya di Indonesia.


“Dengan lahirnya Golden Visa Indonesia ini diharapkan benar-benar menjadi daya tarik baru bagi investor. Kita harus menghadirkan kenyamanan berinvestasi, iklim yang juga menjanjikan. Oleh karena itu, membangun iklim investasi yang baik dan kompetitif adalah dengan kejelasan, kepastian, termasuk segala proses administrasi bagi WNA. Kami juga ingin terus bersinergi dan berkolaborasi dengan Kementerian Hukum dan HAM dalam hal ini,” jelas Menteri AHY.


Plt. Gubernur Lemhannas, Eko Margiyono dalam momen tersebut memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman dalam berbangsa dan bernegara. Sebanyak 101 peserta kegiatan diharapkan dapat mempertahankan eksistensi bangsa dan negara, serta menyiapkan generasi masa depan.


“Pada intinya adalah kita ingin seluruh warga negara mengerti betul tentang kebangsaannya. Salah satu hal yang perlu kita bangun dalam berbangsa dan bernegara adalah karakter bangsanya. Ini adalah kesempatan yang terbaik bagi kami untuk memberikan pemahaman hal ini,” papar Eko Margiyono.


Hadir mendampingi Menteri AHY dalam kegiatan ini, Staf Khusus Bidang Manajemen Internal, Agust Jovan Latuconsina; Tenaga Ahli Bidang Kerja Sama Lembaga, Widanardi Satryatomo; dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Kementerian ATR/BPN, Harison Mocodompis. Turut hadir, para Pengurus Pusat Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung. (*Red))



Satlantas Nagan Raya Gelar Razia Ops Patuh Seulawah Sejumlah Warga Terjaring.

Redaksi  



Nagan Raya ,vokaltop7 com-Satuan Lalu Lintas (Satlantas ) Polres Nagan Raya menggelar razia Operasi Patuh Seulawah 2024, dalam rangka meningkatkan ketertiban berlalu lintas, di Jalan Lintas Nasional Jeuram Beutong Depan Polsek Jeuram 


Razia Ini dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Nagan Raya, Iptu M.Arie Saputra, S.A.P., dan Seluruh Personel sat Lantas Polres Nagan Raya Hari Kamis tgl 25 Juli 2024


Kapolres Nagan Raya  AKBP Rudi Saeful Hadi,S.I.K melalui Kasat Lantas Iptu M. Arie Syahputra, S.A.P. kepada awak media di lokasi mengatakan Satlantas Polres Nagan Raya dalam operasi patuh Seulawah 2024 yang berlangsung pagi hari ini terdapat sejumlah pelanggaran yang tercatat ada 42 kendaraan R2 dan R4 terjaring razia dengan berbagai pelanggaran.


Iptu M. Arie Syahputra, S. A.P. berharap melalui operasi ini masyarakat dapat lebih disiplin dalam berkendara dan mematuhi aturan berlalu lintas sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di jalan raya Ucapnya. 


Razia ini  fokus pada pemeriksaan kelengkapan kendaraan dan kelengkapan surat-surat kendaraan, para pemiliknya diwajibkan memakai helm depan dan belakang bagi pengendara sepeda motor, Pajak Bermotor dan SIM. Serta kepatuhan terhadap rambu-rambu lalu lintas dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas. 


Untuk itu, razia ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan mengurangi angka fatalitas akibat dari kecelakaan itu swndiri di wilayah hukum Polres Nagan Raya, Kata Kasat Lantas.


“ Masih kata Kasat Lantas, segala upaya akan kita lakukan untuk menyadari masyarakat pengguna jalan Raya agar tertib berlalu lintas diwilayah hukum polres Nagan Raya, Harap Kasat Lantas.


Melalui Operasi Patuh Seulawah 2024 ini dapat tercipta kondisi lalu lintas yang lebih baik dan aman, serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas bagi seluruh pengguna jalan di wilayah hukum Polres Nagan Raya, Harap Kasat Lantas.(*Red)


Percepat Pendaftaran 3,2 Juta Hektare Tanah Ulayat, Menteri AHY: Pemerintah Hadir Menjamin dan Melindungi Hak Atas Tanah Masyarakat Hukum Adat

Redaksi  


Jakarta,vokaltop7.com- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berkomitmen mengakselerasi pendaftaran 3,2 juta hektare bidang tanah ulayat bagi sekitar 3.000 Masyarakat Hukum Adat yang tersebar di 16 provinsi di Indonesia. Hal ini sejalan dengan terbitnya Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 14 Tahun 2024 tentang Penyelenggaraan Administrasi Pertanahan dan Pendaftaran Tanah Hak Ulayat Masyarakat Hukum Adat.


"Ini (pendaftaran tanah ulayat, red) masalah yang tidak sederhana karena kita tahu, tanah-tanah yang ada di berbagai daerah ini juga sudah memiliki peruntukan masing-masing, tapi kita juga berharap pemerintah selalu hadir untuk menjamin agar Masyarakat Hukum Adat juga dilindungi, dijamin hak-haknya," kata Menteri AHY sesuai Rapat Koordinasi tentang Akselerasi Pelaksanaan Permen ATR/Kepala BPN Nomor 14 Tahun 2024 di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta, Selasa (23/07/2024).


Untuk diketahui, 16 provinsi lokasi tanah ulayat yang telah diinventarisasi dan identifikasi Kementerian ATR/BPN meliputi Sumatra Barat, Kalimantan Tengah, Bali, NTT, Papua Barat, Papua, Sumatra Utara, Sulawesi Tengah, Aceh, Kepulauan Riau, Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.


Menurut Menteri AHY, eksistensi Masyarakat Hukum Adat merupakan isu yang sangat penting karena bukan hanya berbicara isu keadilan dan kesejahteraan, hal itu juga berkaitan erat dengan politik, hukum, dan sosial. Oleh sebab itu, ia mengapresiasi langkah Menko Polhukam yang telah mengoordinasikan berbagai pihak dalam satu forum.


"Terima kasih kepada Bapak Menko yang telah menghimpun berbagai _stakeholders_ untuk mencari solusi, termasuk juga membangun semangat sinergi dan kolaborasi serta sinkronisasi baik di tingkat pimpinan maupun dilaksanakan di lapangan," imbuh Menteri AHY.


Kementerian/lembaga terkait akan mencari solusi bersama dalam percepatan pendaftaran tanah ulayat. Di sisi lain, Kementerian ATR/BPN akan terus melakukan inventarisasi dan identifikasi tanah-tanah ulayat yang ada di seluruh wilayah Indonesia. "Kalau sudah jelas, _clean and clear_, setelah itu baru bisa kita terbitkan statusnya utamanya hak pengelolaan lahan bagi Masyarakat Hukum Adat," tutur Menteri AHY.


"Jadi esensinya adalah bagaimana Masyarakat Hukum Adat ini bisa mendapatkan haknya, dilindungi, dan juga justru tanah tersebut bisa memiliki nilai ekonomi, produktif bagi peningkatan kesejahteraan mereka," ujar Menteri AHY.


Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto dalam kesempatan yang sama menyampaikan bahwa diperlukan satu kegiatan bersama atau langkah bersama sebagai upaya percepatan pendaftaran tanah ulayat. Mulai dari koordinasi dan sinkronisasi implementasi regulasi lintas kementerian, sosialisasi bersama berbagai regulasi lintas kementerian termasuk dengan Masyarakat Hukum Adat, memutakhirkan data dan sinkronisasi data mengenai status pengakuan hak Masyarakat Hukum Adat, serta koordinasi dan sinkronisasi penentuan lokasi _pilot project_ bersama.


"Sehingga tempatnya di mana, lokasinya di mana, itu kita bisa ketahui bersama dan kita akan lakukan inventarisasi dan identifikasi. Setelah itu semua dilakukan, Kementerian ATR/BPN akan lakukan pendaftaran tanah-tanah ulayatnya," pungkas Hadi Tjahjanto.


Hadir mendampingi Menteri ATR/Kepala BPN, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana; Staf Khusus Bidang Manajemen Internal, Agust Jovan Latuconsina; dan sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. Turut hadir, perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan; Kementerian Desa dan PDTT; Kementerian Dalam Negeri; serta Kementerian Kelautan dan Perikanan. (*Red)



Menteri AHY Resmikan Raptors Motorsport, Dukung Perkembangan _Overlanding_ di Indonesia

Redaksi  


Tangerang,vokaltop7.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) meresmikan Raptor Motorsport, bengkel dan _showroom_ khusus kendaraan _off-road_ dan _overlanding_ di Tangerang, Banten pada Sabtu (20/07/2024).


Acara ini menandai langkah baru dalam perkembangan industri otomotif khusus di Indonesia. Menurut Menteri AHY, Raptor Motorsport bukan sekadar bengkel tetapi juga _showcase_ produk-produk berkelas dunia untuk overlanding dan 4x4.


"Mengagumkan. Saya bangga dan senang sekali karena Teman-teman, para sahabat bisa merealisasikan mimpi besarnya," ujar Menteri AHY saat memberikan kesan pertamanya. 


Ia mengungkapkan, secara pribadi sudah terlibat dalam kegiatan _overlanding_ sejak 2015, ketika masih menjabat sebagai komandan batalyon. "Saya datang ke Banteng Mas ketika itu untuk mendandani mobil agar bisa siap tugas-tugas di lapangan termasuk masuk hutan," kenang Menteri AHY.


Lebih lanjut, Menteri AHY menyoroti potensi industri ini di Indonesia yang kualitas produknya tidak kalah baik dengan produk luar negeri. "Kita bisa tidak sih bikin sendiri? Ternyata bisa dan rapi banget," tegasnya.


Sebagai pendiri Overlanding Indonesia pada tahun 2020, Menteri AHY menekankan bahwa kegiatan ini bukan sekadar hobi tetapi juga memiliki nilai sosial dan lingkungan. "Overlanding Indonesia bukan hanya menjelajah dan menikmati alam Indonesia tetapi juga bisa berkontribusi untuk sosial dan kemanusiaan juga untuk alam kita," jelasnya.


"Saya waktu itu ke Pasaman, Sumatra Barat, benar-benar sekian jam jalan untuk menembus daerah lokasi bencana alam, membawa bantuan obat-obatan, makanan, dan lain sebagainya," lanjut Menteri AHY menceritakan kisahnya.


Menutup sambutannya, Menteri AHY berharap Raptor Motorsport dapat semakin menyemarakkan komunitas overlanding, 4x4, dan penjelajah alam Indonesia yang sudah ada selama ini. Kehadiran Raptor Motorsport diharapkan dapat mendorong pertumbuhan industri otomotif khusus di Indonesia sekaligus mempromosikan gaya hidup yang menghargai alam dan memiliki dampak sosial positif. 


Turut mendampingi Menteri AHY dalam kesempatan ini, Staf Khusus Bidang Kerja Sama Antarlembaga, Si Made Rai Edi Astawa. Turut hadir, Owner Raptors Motorsport, Adhie Yoso; Owner Banteng Mas, Arif Sugiharto dan Marwin Wong, Sekjen Indonesia Offroad Federation, Joko Permana; serta Pembalap Rally Indonesia, Rifat Sungkar.(*Red)



Komisi II DPR RI Apresiasi Capaian PTSL dan Implementasi Sertipikat Elektronik di Kota Denpasa

Redaksi  


Denpasar,vokaltop7.com - Akselerasi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dibawah Kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam melaksanakan percepatan pendaftaran tanah dan masifikasi implementasi sertipikat elektronik mendapat apresiasi dari komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI). Hal ini disampaikan dalam Kunjungan Kerja Reses Komisi II DPR RI Masa Persidangan V Tahun Sidang 2023-2024 di Kantah Kota Denpasar, Kamis (18/07/2024).


"Pertambahan pendaftaran tanah selama 5 tahun terakhir ini begitu luar biasa. Dari target 126 juta bidang tanah, per hari ini sudah 114 juta bidang yang sudah berhasil dikerjakan oleh Kanwil dan Kantah Kementerian ATR/BPN di seluruh tanah air," ungkap Syamsurizal selaku Wakil Ketua Komisi II DPR RI. 


Dalam hal implementasi sertipikat tanah elektronik, hingga saat ini terdapat 295 Kantah yang sudah melaksanakam implementasi sertipikat tanah elektronik dimana Kantah Kota Denpasar merupakan Kantah pertama di Indonesia yang menjadi pionir.


Terkait hal ini, Bagus Adhi Mahendra selaku Anggota Komisi II DPR RI juga menyatakan apresiasinya. "Apresiasi dan selamat atas capaian yang diraih. Kita lihat ini Kantah Kota Denpasar kantornya bagus, pelayanannya (layanan elektronik, red) bagus, hasil layanan elektroniknya juga bagus. Tentunya ini tak lepas dari bimbingan dan arahan Pak Kepala Kanwil BPN Provinsi Bali pula," ujarnya. 


Pada kesempatan ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN, Suyus Windayana juga menjelaskan mekanisme terkait layanan elektronik dan implementasi Sertipikat Tanah Elektronik. "Meski masyarakat dapat melakukan alih media, masyarakat tetap memegang sertipikat yang bentuknya satu lembar itu, bukan lagi dalam bentuk buku. Masyarakat tetap memegang sertipikat fisik dengan kertas khusus berupa _security paper_," terang Suyus Windayana. 


Turut mendampingi dalam kegiatan ini, Kepala Kanwil BPN Provinsi Bali, Andry Novijandri; Kepala Kantah Kota Denpasar, Y.C. Fajar Nugroho Adi; 13 Anggota Komisi II DPR RI peserta Reses; serta jajaran di Kantah Kota Denpasar. (*Red)



Kunjungi Mahkamah Agung, Menteri AHY Harapkan Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan di _Back Up_ Penuh

Redaksi  


Jakarta,vokaltop7.,com- Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya menyelesaikan konflik dan sengketa pertanahan yang terjadi di Indonesia. Dalam pelaksanaannya, dibutuhkan dukungan dan kerja sama berbagai pihak, termasuk dari Mahkamah Agung.


“Kami bermohon tentunya kepada Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung dan jajaran termasuk yang ada di pusat dan daerah. Kita ingin agar penanganan sengketa dan konflik pertanahan ini benar-benar di _back up_ penuh oleh sistem peradilan yang juga _prudent_, transparan, akuntabel, dan adil,” ucap Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai pertemuan di Kantor Mahkamah Agung, Jakarta pada Senin (22/07/2024).


Menurut Menteri AHY, konflik dan sengketa yang terjadi seringkali diperkeruh dengan adanya perbedaan persepsi dan definisi. Maka dari itu, Menteri AHY dan Ketua Mahkamah Agung, M. Syarifuddin dalam kesempatan ini menyepakati bahwa pihak yang menangani konflik pertanahan harus tersertifikasi.


“Kami sepakat akan segera merealisasikan kerja sama dalam bentuk sertifikasi. Sertifikasi bagi hakim-hakim yang khusus dipersiapkan untuk menangani kasus-kasus pertanahan, ini penting sekali karena spesifik, isunya spesifik, ilmu dan pengalamannya juga harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Oleh karena itu, modul-modul sedang dirumuskan dengan baik,” ungkap Menteri ATR/Kepala BPN.


Ke depan, rencananya akan diselenggarakan _workshop_ untuk diklat dan studi kasus terkait isu-isu pertanahan. “Mudah-mudahan ini akan menyelesaikan banyak masalah dan pada akhirnya tidak ada yang menjadi korban karena tidak diperlakukan secara adil, dan sebaliknya kita benar-benar bisa menuntaskan segala sengketa dan isu pertanahan,” pungkas Menteri AHY. 


Dalam kunjungan ini, Menteri AHY didampingi oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Raja Juli Antoni beserta para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN. (*Red))



Pemkab Nagan Raya Terima Insentif Fiskal Rp5,84 Miliar atas Kinerja Pengendalian Inflasi

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.con- Sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan dalam pengendalian inflasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Aceh menerima alokasi insentif fiskal tahun anggaran 2024 sebesar Rp5.848.393.000. 


Pencapaian yang membanggakan ini diraih berdasarkan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 295 Tahun 2024 yang diberikan kepada 50 pemerintah daerah (pemda) di seluruh Indonesia. Dari Provinsi Aceh, hanya dua daerah yang berhasil mendapatkan alokasi insentif fiskal, yaitu Kabupaten Nagan Raya dan Kota Sabang. 


“Alhamdulillah, Pemkab Nagan Raya mendapatkan insentif fiskal sebesar Rp5.84 miliar dari pemerintah pusat sebagai bentuk apresiasi dalam pengendalian inflasi di daerah,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, Selasa (23/7/2024).


Fitriany menjelaskan bahwa Pemkab Nagan Raya telah melakukan berbagai upaya dalam pengendalian inflasi, seperti menggelar operasi pasar murah, memberikan bantuan sosial, dan meningkatkan koordinasi dengan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).


“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini, termasuk forkopimda, perangkat daerah, pelaku usaha, dan masyarakat. Insentif fiskal ini akan digunakan untuk mendukung pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nagan Raya,” jelas Fitriany.


“Capaian ini juga menjadi motivasi bagi kami, jajaran Pemkab Nagan Raya untuk terus meningkatkan kinerja dalam mewujudkan Nagan Raya yang BEREH (beres), maju dan sejahtera.” imbuh Pj Bupati Fitriany Farhas.


Sebagai informasi, pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan memberikan penghargaan berupa insentif fiskal bagi 50 pemda yang berhasil mengendalikan inflasi sebesar Rp300 miliar untuk periode pertama yang terdiri dari 4 provinsi, 36 kabupaten dan 10 kota.


Hal tersebut sebagaimana tercantum dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 295 Tahun 2024 tentang Rincian Alokasi Insentif Fiskal Tahun Anggaran 2024 untuk Penghargaan Kinerja Tahun Berjalan Kategori Pengendalian Inflasi Daerah Periode Pertama menurut Provinsi/Kabupaten/Kota.(*Red)




Quick Respon Personel Satuan Brimob Polda Aceh Batalyon C Pelopor Padamkan Karhutla

Redaksi  


 

Nagan Raya,vokaltop7.com-Personel Kompi 3 Batalyon C Pelopor bergerak cepat membantu memadamkan api yang membakar hutan dan lahan bersama personel kodim 0105 Aceh Barat, BPBD Aceh Barat dan Polres Aceh Barat di Desa Leuhan Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Senin,(21/07/2024).


Danyon C Pelopor Kompol Usman, S.E., M.M. mengatakan setelah menerima laporan dari masyarakat telah terjadinya kebakaran hutan dan lahan kami langsung menerjunkan satu regu Siaga Brimob menuju lokasi kebakaran.


"Lahan yang terbakar berkontur gambut, sedangkan untuk luas dan pemilik lahan sedang dilakukan investigasi oleh pihak berwenang di Aceh Barat," ucap Danyon C Pelopor.


"Kami juga menghimbau kepada masyarakat supaya tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena selain dapat menyebabkan kerusakan lingkungan, juga dapat dipidana," tutup Kompol Usman,S.E.,M.M.

Warga Babah Dua Beri Dukungan dan Nyatakan PT.BSP Konsisten Menjaga Lingkungan

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com-Ratusan warga Desa Babah Dua Kecamatan Tadu Raya Kabupaten Nagan Raya,Aceh.

beramai ramai 

mendatangi Pabrik Kelapa Sawit yang dikelola PT. Beurata Subur Persada (BSP) untuk menyatakan 

dukungan dan pernyataan tertulis akan konsistensi PT.BSP dalam merawat dan menjaga lingkungan.Minggu (21/7/2024)



“Kami warga Desa Babah Dua yang berdomisili disekitar lingkungan pabrik PKS PT. BSP yang sebagian

berprofesi pencari ikan di Sungai Krueng Trang menyatakan dengan sesungguhnya bahwa kami tidak 

pernah merasa terganggu dengan keberadaan pabrik BSP. 


Dan" Kami juga menyaksikan PT.BSP selalu 

memiliki komitmen yang tinggi mencegah pencemaran" ujar Jawahir


Tokoh Masyarakat Babah Dua yang

mewakili  ratusan masyarakat Desa Babah Dua saat menyampaikan pernyataan tertulis ke manajemen PT. BSP beberapa waktu lalu tepatnya Minggu (21/7/24).

Selain menyampaikan ke Management PT.BSP, surat pernyataan dukungan yang ditandatangani Oleh ratusan warga ini juga disampaikan kepada Gubernur Aceh, Bupati Nagan Raya, Ketua DPRK Nagan 

Raya, Komnas HAM Aceh, Dinas Lingkungan Hidup Aceh, Kepala Bappeda, Kadis LHK, Kadis 

Perikanan/Kelautan, Kadis Pertanian, kadis Perkebunan, dan Kepala Penanaman Modal Kabupaten 

Nagan Raya.


Dalam kesaksian tertulisnya,  ratusan warga Babah Dua tersebut secara khusus menegaskan 

bahwa sungai Krueng Trang tak pernah terjadi pencemaran yang menyebabkan ikan mati dan 

ekosistem sungai rusak yang diakibatkan oleh pembuangan limbah dari PT. BSP. “Kami hampir setiap 

hari mencari ikan dengan cara memancing, menyelam dan menembak ikan di sungai Krueng Trang. 

Jadi kalua ada pihak pihak yang menuding PT. BSP mencemari Sungai Krueng Tengah, itu adalah tidak 

benar’, ujar Jawahir.


Warga Desa Babah Dua juga mengakui bahwa keberadaan PT. BSP telah membawa dampak dan 

manfaat yang baik untuk warga. Lewat CSR perusahaan, warga Babah Dua tiap tahun menikmati 

bantuan berupa sembako, modal usaha berupa bantuan bibit ternak kambing, ayam kampung dan 

bebek. Selain itu ada juga bantuan bibit kelapa sawit dan bea siswa kepada anak sekolah.


Berdasarkan fakta tersebut, warga Babah Dua secara tegas menyatakan bahwa tudingan pihak 

tertentu yang menyebut ada pencemaran di Sungai Kreung Trang dan lingkungan sekitarnya oleh PT. 

Beurata Subur Persada adalah tidak benar. Terkait perubahan warna air sungai yang terkadang coklat 

itu bukan diakibatkan limbah dari PT. BSP. Dan perubahan warna air itu sama sekali tidak 

menyebabkan ikan mati. 


‘Apa yang kami sampaikan adalah fakta yang kami lihat dan kami alami. Kami berharap, jangan 

karena kepentingan sempit orang orang tertentu bantuan dan penghasilan yang selama ini kami 

nikmati dari PT. BSP menjadi terganggu,’ tegas Jawahir.,(*Red)

Panwaslih) Kabupaten Nagan Raya membuka jadwal rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan

Redaksi  


NAGAN RAYA,vokaltop7.com – Dalam rangka menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 November 2024 mendatang, Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Nagan Raya membuka jadwal rekrutmen Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwaslihcam).


Hal tersebut dikatakan Ketua Panwaslih Kabupaten Nagan Raya, Juni Effendi, S.T, Minggu 21 Juli 2024 usai rapat Pleno di Kantor Sekretariat Panwaslih Nagan Raya Jalan Poros Utama Gaampong Ujong Patihah Kecamatan Kuala.


Kata dia, dibuka pendaftaran berdasarkan Surat Edaran (SE) Panwaslih Aceh dengan Nomor : 001/SE/Panwaslih/07/2024 tertanggal 19 Juli 2024 dan surat keputusan Ketua Panwaslih Aceh nomor : 10/SK/PanwaslihAceh/07/2024 tentang Pembentukan Panwaslihcam Kabupaten/Kota se Aceh dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.


"Panwaslih kabupaten nagan raya membuka pendaftaran perekrutan Calon Panwaslihcam mulai dari tanggal 27 - 29 Juli," ucap Juni


Menurutnya, Perekrutan Panwaslihcam Kabupaten Nagan Raya tersebut berdasarkan Hasil Rapat Pleno dengan Nomor : 08/KP.01.00/Pokja-PNR/VII/2024 tentang Pengumuman Pendaftaran Calon Panwaslihcam di Kabupaten Nagan Raya.


“Dalam rangka mengawasi pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta pemilihan Bupati dan wakil Bupati pada Pilkada Tahun 2024, kami dari Panwaslih Nagan Raya mengajak putra-putri Nagan Raya untuk menjadi bagian dari Panwaslih Pilkada," kata Ketua Juni Effendi yang didampingi Said Muhadhar, Said Zamzami, T. Irvan Kurniadi dan Darmawan Anggota Panwaslih Nagan Raya.


Terkait pengumuman perekrutan Panwaslihcam tersebut, Juni menyebutkan pendaftarannya melalui online dan berkas persyaratan fisik diantarkan langsung ke petugas di Kantor sekretariat.


“Pendaftaran sudah dibuka, silakan unduh berkas melalui link https://s.id/FormulirPanwascam yang sudah disediakan. Kemudian diisi dan diuploud secara online di link yang telah tersebut. Bahan dan persyaratan juga dapat diunduh melalui barcode yang tersedia di sebaran spanduk tiap kecamatan, atau link portal berita maupun media sosial (medsos) resmi milik Panwaslih Nagan Raya dan persyaratan pendaftaran diantar langsung ke kantor sekretriat panwaslih nagan raya dengan membawa bahan asli," katanya.


Dikesempatan itu dirinya juga menghimbau agar masyarakat yang akan menjadi calon peserta panwaslihcam tidak mudah percaya terhadap oknum-oknum yang menyatakan bisa meluluskan para peserta Panwaslihcam.


“Kami sampaikan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya dengan iming-iming maupun janji meluluskan para peserta calon Panitia Pengawas Kecamatan pada Pilkada Tahun 2024 ini, dipastikan pendaftaran panwaslihcam tidak dipungut biaya alias gratis,” beber Juni Effendi. (*Red)



Kapolres Nagan Raya Gelar Jumat Curhat Bersama Panwaslih dan KIP Nagan Raya

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com- Kapolres Nagan Raya, AKBP Rudi Saeful Hadi,S.ik, melaksanakan kegiatan Jumat Curhat bersama Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Nagan Raya, Jum'at,(19/7/2024)

Kegiatan yang berlangsung di kantor Panwaslih dan kantor KIP Nagan Raya ini bertujuan untuk mempererat hubungan antar lembaga serta membahas berbagai isu terkait pelaksanaan pilkada di wilayah Nagan Raya.

Dalam sambutannya, Kapolres Nagan Raya menyampaikan pentingnya sinergi antara kepolisian dan lembaga penyelenggara pilkada dalam menjaga

 keamanan dan ketertiban selama proses pilkada. “Kami berkomitmen untuk mendukung penuh Panwaslih dan KIP dalam menyelenggarakan pilkada yang aman, tertib, dan demokratis,” ujar Rudi.

Acara Jumat Curhat ini dihadiri oleh Ketua Panwaslih Nagan Raya, Juni Effendi,ST, dan Plh.Ketua KIP Nagan Raya, Faisal Al Qubsyi,ST. Dalam diskusi yang berlangsung hangat dan penuh kekeluargaan, berbagai topik penting dibahas, termasuk upaya pencegahan kecurangan dalam pilkada, peningkatan partisipasi pemilih, serta strategi pengawasan yang efektif.

Ketua Panwaslih Nagan Raya, Juni Effendi,ST, mengapresiasi inisiatif Kapolres Nagan Raya dalam menggelar kegiatan ini. “Sinergi yang baik antara Panwaslih, KIP, dan Polres sangat penting untuk memastikan pelaksanaan pemilu yang berkualitas. Kami berharap kerjasama ini terus ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara itu, Plh.Ketua KIP Nagan Raya, Faisal menambahkan bahwa kerjasama dengan pihak kepolisian sangat membantu dalam menghadapi berbagai tantangan di lapangan. “Dengan adanya dukungan dari Polres, kami merasa lebih siap untuk menghadapi berbagai dinamika yang mungkin terjadi selama proses pilkada” katanya.

Kegiatan Jumat Curhat ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi lebih mendalam antara peserta. Harapannya, melalui kegiatan seperti ini, koordinasi antar lembaga dapat terus ditingkatkan guna menyukseskan pelaksanaan pilkada di Nagan Raya.(*Red)


Buka MTQ Kecamatan, Camat Suk Makmue Targetkan Juara Kabupaten.

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com - Camat Suka Makmue Said Mudhar, MPd,.MM meminta qari dan qariah terbaik di Musabaqah Tilawatil Qur'an dalam Kecamatan Suka Makmue mampu meraih juara di tingkat Kabupaten namanya. Hal Tersebut disampaikan dalam pidato saat buka MTQ Ke- VII tingkat Kecamatan di Gampong Alue Gajah, Jumat, 19 Juli 2024.


Dalam pidato tersebut Said Mudhar  menyampaikan bahwa pada MTQ sebelumnya Kecamatan Suka Makmue mampu naik peringkat dari posisi delapan menjadi posisi ke Empat diantara sepuluh Kecamatan dalam Kabupaten Nagan Raya.


"Perlu diketahui bahwa Kecamatan Suka Makmue pada MTQ sebelumnya memperoleh juara empat dan naik dari posisi delapan" Kata Camat Suka Makmue.


Adapun peserta yang ikut dalam MTQ tingkat Kecamatan Suka Makmue terdiri dari 120 peserta lebih dengan cabang mencapai 40 lebih yang di perlombakan pada MTQ ke-VII tersebut.


Camat Suka Makmue juga berharap kepada Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kecamatan supaya terus meningkatkan kemampuan qari dan qariah agar nanti bisa meraih juara pada MTQ Kabupaten.


"Saya berharap LPTQ terus meningkatkan kemampuan qari dan qariah kita supaya mampu meraih juara"Harapnya.(Red)


Jum’at Berkah PT.Socfindo Seumayam Beri Bantuan Berupa Sembako Untuk Masyarakat Kurang Mampu

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com-Jum’at Berkah PT Socfindo Seumayam Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya,Aceh

“Bantuan tersebut rutin dilakukan setiap sebulan sekali, Berupa Sembako untuk warga yang kurang mampu .Jum’at (19/7/2024)

Adapun desa yang mendapat kan berupa paket sembako yaitu:desa Blang Baro 50 Buah paket,Desa Simpang dua 30 buah paket dan Desa Krueng Alem 30 buah paket ,total paket yang di salurkan 110 buah paket .

adapun paket sembako  yang di salurkan berupa bahan pokok,5 kg Beras,minyak goreng dan gula pasir 

Pengurus PT Socfindo Seumayam H.Ricky Irawan,Sp Mengatakan penyaluran bantuan berupa sembako tersebut untuk masyarakat yang kurang mampu Yang ada di seputaran Perusahan PT.Socfinfo Seumayam”kata H.Ricky Irawan

Berharap,bagi penerima bantuan tersebut bisa mengurangi beban ekonominya secara permanen sehingga dengan bantuan berupa sembako  tersebut bagi yang telah menerimanya hendaknya dapat di pergunakan sebagaimana mestinya.

 Dalam kegiatan tersebut diserahkan oleh pihak yang bertanggung jawab Group manager 1 H.Heru Darmawan,dan yang menyerahkan Pengurus Kebun PT .Socfindo pekebun Seumayam H.Ricky Irawan dan juga di hadiri para staf ,Charles Siallagan Tekniker 1 N.C.Ritonga - Askep ,Rahmad Kusnadi - KTU,Amal SimbolonS- Asst Divisi 3,Ahmad Joyosusino Assisten Divisi 2 dan N.Gunung Simamora Assisten Divisi 4”Demikian (*Red)


Danrem 012/TU Ajak Semua Insan Pers Jangan Sajikan Berita HOAX, Berita Fakta,Data Serta Konfirmasi

Redaksi  


 

Aceh Barat,- vokaltop7.com-Danrem 012 Teuku Umar Kolonel Inf Deni Gunawan, meminta kepada wartawan dapat menyajikan berita sejuk menjelang Pilkada, serta berita yang tidak menyudutkan orang lain atau Berita Hoax

Hal itu disampaikan Danrem 012 Teuku Umar, Rabu (17/7/2024) saat silaturahmi dan komunikasi sosial dengan wartawan Aceh Barat dan Nagan Raya, yang berlangsung di Makorem Alue Penyareng Kabupaten setempat.

Kolonel Inf Deni Gunawan menyebutkan, guna untuk menghindari kegaduhan ditengah masyarakat, wartawan dapat menyajikan berita yang benar dan baik.

Dengan menyajikan berita baik tersebut, sehingga masyarakat tidak menerima informasi bohong dari berita yang disajikan oleh wartawan tersebut, ujar Danrem 012 Teuku Umar.

Guna untuk mewujudkan hal itu, Korem 012 Teuku Umar siap untuk berkolaborasi dengan para wartawan, agar dapat terciptanya pemberitaan yang bermanfaat bagi masyarakat di Barat Selatan Aceh, ungkapnya.

Selain itu, Danrem 012 Teuku Umar Kolonel Inf Deni Gunawan juga mengatakan, dalam menghadapi Pilkada pada November mendatang, pihaknya juga menyampaikan bahwa dalam pesta demokrasi itu, wartawan dapat memberikan informasi yang dingin serta menyejukkan.


Dengan menyajikan berita yang sejuk tersebut, diharapkan pada Pilkada di Barat Selatan Aceh itu,dapat berjalan dengan aman, lancar dan berjalan dengan sukses, ungkapnya.

Selain itu, Danrem 012 Teuku Umar juga mengakui bahwa, peran media sangat penting dalam menyampaikan berita yang akurat, sehingga berbagai program pemerintah dapat berlangsung dengan damai dan sukses, pungkas Kolonel Inf Deni Gunawan.(*Red)