VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

UPTD Puskesmas Padang Panyang Luncurkan 6 Inovasi Program Kesehatan

Redaksi  


 Nagan Raya,vokaltop7.com- Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Padang Panyang, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Acsh luncurkan enam inovasi program kesehatan diantaranya, Giok Hati, Ibu Pelita, Semanis Papa, Pucuk Rebong, Sawit dan Nelayan Pesisir. 


Kepala UPTD Puskesmas Padang Panyang, Darmansyah, MKM mengatakan, dengan diluncurkan enam Inovasi ini, ia mengharapkan agar dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Setinggi-tingginya di wilayah kerja UPTD Puskesmas Padang Panyang.


"Program ini sebagaimana tercantum pada Visi UPTD Puskesmas setempat yaitu "Puskesmas Padang Panyang Sebagai Pelayanan Publik Unggulan Bidang Kesehatan Bagi Masyarakat"


Adapun, kata Kepala UPTD Puskesmas Padang Panyang, program unggulan yang diluncurkan pada Senin (29/7/2024) itu memiliki arti masing-masing, diantaranya : 


1. GIOK HATI


Program ini singkatan dari "Gerakan Intergrasi Obati dan Konsultasi Hipertensi" merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang menjadi prioritas wilayah kerja UPTD Puskesmas Padang panyang. 


Inovasi GIOK HATI ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang komprehensif terdiri atas upaya Promotif, Preventif, Kuratif dan Rehabilitatif.


2. IBU PELITA


Program ini singkatan dari "Ibu Pelihara Gigi Balita" Inovasi ini dicanangkan agar Balita, khususnya Balita Stunting di Kabupaten Nagan Raya di wilayah kerja UPTD Puskesmas Padang Panyang Bebas Karies. 


Inovasi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi orangtua tua, terutama  seorang ibu untuk menjaga serta merawat Kesehatan Gigi serta mulut dengan cara yang benar.


3. SEMANIS PAPA

Program ini singkatan dari "Sehat bersama Prolanis Puskesmas Padang Panyang" yaitu penyakit kronis menduduki urutan atas penyebab kematian terbanyak di Indonesia, sehingga proses penanganan penyakit ini perlu dilakukan dengan baik.


Selain itu, Hipertensi dan Diabetes Mellitus merupakan penyakit kronis yang memerlukan penanganan yang prioritas.


Prolanis merupakan program pengelolaan penyakit kronis (Hipertensi dan Diabetes Mellitus). Inovasi ini bertujuan untuk mendorong peserta prolanis UPTD Puskesmas Padang Panyang tetap sehat dan semangat dalam menjaga kesehatannya untuk mencapai kualitas hidup yang optimal dan mencegah timbulnya komplikasi penyakit.


4. PUCUK REBONG


Yaitu singkatan dari "Penandaan Untuk Cara taU Kapan Rentang Biasanya Obat amaN di Gunakan", inovasi ini merupakan salah satu inovasi yang didedikasikan untuk mempermudah staf farmasi, pasien, dokter serta para staf di ruang UGD dan rawat inap, untuk tau kapan dan obat apa saja yang akan memasuki kadaluarsa dalam waktu dekat, serta memudahkan pasien untuk mengetahui informasi mengenai beyond use date masing-masing obat yang diterima.


5. SAWIT


Program ini singkatan dari "Sanitasi Aman Warga Ikut Tenang" yaitu Inovasi yang bertujuan untuk mengajak masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Padang Panyang untuk mewujudkan sanitasi yang aman sehingga dapat menurunkan angka kesakitan yang diakibatkan oleh sanitasi yang kurang baik.


6. NELAYAN PESISIR


Singkatan dari "Pelayanan Terpadu, Terintegrasi & Terorganisir" Inovasi ini bertujuan menggabungkan beberapa program kesehatan, sehingga semua pelayanan kesehatan mengikuti siklus Kehidupan.(*Red)