VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Berbagai Kegiatan Menarik Semarakkan HUT ke-79 RI di Nagan Raya

Redaksi  


Nagan Raya,vikaltop7.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Aceh menggelar berbagai kegiatan menarik untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia. Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, Rabu (14/8/2024).


Pj Bupati Fitriany mengatakan sejumlah rangkaian acara telah disiapkan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-79 RI, mulai dari pertandingan olahraga, permainan tradisional hingga kegiatan sosial kemasyarakatan.


Dia berharap seluruh panitia agar dapat menjalin kerja sama dan koordinasi yang baik dan kepada masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam memeriahkan peringatan HUT ke-79 RI tahun 2024. 


"Selain dilaksanakan oleh kabupaten, berbagai kegiatan menarik ini juga dilaksanakan oleh masing-masing kecamatan di Kabupaten Nagan Raya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama berpartisipasi dan memeriahkan hari kemerdekaan," ajaknya.


Sekretaris Daerah (Sekda) Ardimartha selaku Ketua Umum Panitia Peringatan HUT ke-79 RI menjelaskan bahwa sejak tanggal 5 hingga 11 Agustus 2024, telah digelar berbagai pertandingan olahraga yang diikuti oleh masyarakat dan instansi pemerintahan, serta lomba geulayang tunang. 


"Kemudian 9-11 Agustus 2024 telah dilaksanakan penilaian Pekarangan Pangan Lestari antar SKPK," ujar Sekda Ardimartha.


Selanjutnya pelajar SMP/MTs akan menunjukkan bakatnya dalam lomba baca puisi yang diselenggarakan di halaman Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Nagan Raya pada tanggal 13-14 Agustus 2024.


“Untuk tanggal 15 Agustus 2024, akan dilaksanakan kegiatan napak tilas dan zikir bersama serta pemasangan tiang bendera Merah Putih di tugu Cut Nyak Dien, Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang,” sebut Sekda.


Selain itu, sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Beutong Ateuh Banggalang akan digelar acara pengobatan gratis dengan menghadirkan sejumlah dokter spesialis dari RSUD Sultan Iskandar Muda. 


Untuk menambah kemeriahan HUT ke-79 RI, pelajar dari tingkat TK, SD/MI, SMP/MTs, hingga SMA/SMK/MA yang akan menampilkan beragam kekayaan budaya Nusantara dalam sebuah pawai karnaval. 


“Pawai karnaval akan diselenggarakan pada tanggal 16 Agustus 2024, di mana peserta pawai akan mengenakan pakaian profesi dan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke,” kata Ardimartha.


Lebih lanjut Sekda Ardimartha menyebutkan bahwa puncak peringatan HUT ke-79 RI pada tanggal 17 Agustus 2024 dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih dan pemberian penghargaan kepada para veteran di Alun-alun Suka Makmue. 


Setelah upacara pengibaran bendera, aneka lomba rakyat menanti peserta, mulai dari adu ketangkasan panjat pinang, kelucuan pukul bantal, hingga keseruan menangkap bebek di kolam serta panjat pinang miring akan menyuguhkan hiburan yang menarik bagi semua usia.


Sementara kegiatan jalan sehat bersama KIP Nagan Raya yang direncanakan akan dikuti 3000 orang peserta dari berbagai komponen masyarakat yang dilanjutkan dengan acara resepsi HUT ke-79 Republik Indonesia akan dilaksanakan pada Minggu, 18 Agustus 2024.


“Pada sore harinya (18/8/2024), dilaksanakan apel kebangsaan, dan pembentangan bendera Merah Putih raksasa di lokasi irigasi Jeuram Kecamatan Beutong,” ucap Sekda.


Sebagai penutup rangkaian acara Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia juga akan digelar pertandingan persahabatan sepakbola eksklusif antara anggota DPRK Nagan Raya dan kepala SKPK Nagan Raya di Stadion Suka Makmue pada Senin, 19 Agustus 2024.(*Red)