VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Panwaslih Nagan Raya Menggelar Kegiatan Silahturahmi Dengan Sejumlah Wartawan

Redaksi  


Nagan Raya,vokaltop7.com – Panitia Pengawas pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Nagan Raya gelar silaturrahmi dengan para insan pers yang bertugas di wilayah itu. Kegiatan tersebut berlangsung di salah satu warung kopi yang berlokasi di Suka Makmue, Jumat (2/8/2024).


Ketua Panwalih Kabupaten Nagan Raya, Juni Effendi, ST mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan dengan para insan ini sebagai bentuk untuk mempererat hubungan silaturahmi dengan para wartawan. 


Pada kesempatan itu, Juni Efendi juga meminta kepada insan pers yang bertugas di wilayah Kabupaten Nagan Raya untuk sama-sama menyukseskan seluruh tahapan Pilkada serentak tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024, mendatang.


“Silaturrahmi ini juga sebagai ajang saling silaturrahmi antara komisioner dengan para wartawan,” ungkap Juni Efendi.


Selain itu, Panwaslih memiliki tugas pokok melakukan pencegahan dan penindakan terkait pelanggaran kode etik oleh penyelenggara, pelanggaran tindak pidana pemilu (money politik) dan pelanggaran administrasi (prosedur tahapan diluar undang-undang). 

Oleh karena itu, kata Juni Efendi, Panwaslih Kabupaten Nagan Raya perlu menggandeng insan pers untuk terlibat secara langsung maupun tidak langsung untuk mengawasi setiap tahapan Pilkada Serentak. 


Disamping itu, Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi Pendidikan dan Pelatihan, Teuku Irvan menjelaskan, bahwa pada saat ini Panwaslih Kabupaten Nagan Raya sedang melakukan perekrutan Panitia Pengawas Pemilih Kecamatan (Panwaslihcam) untuk pengawas di tingkat kecamatan dan sudah memasuki pada tahapan seleksi tes tulis yang dilaksanakan melalui sistem CAT.


Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Darmawan, Divisi Hukum Penyelesaian Sengketa; Said Muhadhar, A.Mk yang membidangi Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi; serta Said Zamzami, SE, Divisi Pencegahan, Partispasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat. 

Sementara itu, perwakilan PWI Nagan Raya, Basriadi menyambut positif kegiatan ini. Selain itu, Basri juga berharap agar silaturrahmi ini dapat terjalin dengan baik ke depan antara insan pers yang bertugas di Nagan Raya dengan Panwaslih setempat.


“Pers adalah independen, peran serta dan kesiapan media dalam menyukseskan Pilkada sesuai dengan amanat yang telah diatur dalam undang-undang,” ungkap Basriadi. 


Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Aliansi Wartawan Nagan Raya, Teuku Ridwan bahwa wartawan di Nagan Raya siap berkolaborasi  dengan Panwaslih Nagan Raya dalam menyukseskan seluruh tahapan Pilkada, terutama terkait dengan pengawasan.(*Red)