VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Peringatan Hari Kemerdekaan di Nagan Raya Berlangsung Lancar , Pj Bupati Fitriany Farhas jadi Inspektur Upacara

Redaksi  


 

Nagan Raya.vokaltoptop7com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya, Aceh sukses menggelar Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.


Dalam upacara yang mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”, Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya Fitriany Farhas, bertindak sebagai inspektur upacara yang berlangsung khidmat di Alun-alun Suka Makmue, Sabtu (17/8/2024). 


Meskipun dalam suasana mendung dan lapangan upacara dalam kondisi becek tergenang air tak menyurutkan semangat para anggota Paskibraka, yang terdiri dari siswa-siswi SMA se-Nagan Raya, untuk menjalankan tugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih dengan Komandan Upacara Kapten Infanteri Sujito, Pasilog Kodim 0116/Nagan Raya.


Adapun yang bertugas sebagai pembawa baki, Lisa Natasya dari SMA Negeri 2 Darul Makmur, sedangkan penggerek bendera terdiri dari Riski Syahridan dari SMA Negeri 1 Seunagan, Julfiyanda Saputra dari SMA Negeri 2 Kuala, dan M. Saman dari MAN Inovasi Nagan Raya.


Usai pengibaran bendera Merah Putih, Ketua DPRK Nagan Raya, Jonniadi membacakan pembaca teks Proklamasi, sementara Kepala Dinas Pendidikan, Zulkifli sebagai pembaca Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.


Pj Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas dalam amanatnya menekankan bahwa HUT kemerdekaan bukan sekadar momen untuk mengenang sejarah, tetapi juga sebagai refleksi atas perjalanan panjang yang telah dilalui bangsa ini.


"Dalam usia yang hampir mencapai delapan dekade, Indonesia telah menghadapi berbagai dinamika, baik di tingkat global maupun domestik," ungkap Fitriany. "Namun, berkat semangat persatuan, kerja keras, dan pengabdian seluruh elemen bangsa, kita berhasil mengatasi berbagai tantangan tersebut," tambahnya.


Fitriany juga menjelaskan bahwa dalam mengisi kemerdekaan, Pemkab Nagan Raya terus berupaya meningkatkan kinerja pemerintahan dan pembangunan melalui berbagai program dan kegiatan yang telah tertuang dalam APBK. 


“Hal ini dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang telah diterima, termasuk piagam penghargaan dari BPKP RI perwakilan Aceh atas pencapaian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) level 3, penghargaan Adipura tahun 2023 untuk pertama kalinya dari Kementerian Lingkungan Hidup, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang ke-16 kalinya secara berturut-turut serta berbagai penghargaan lainnya” ujar Fitriany.


Di akhir amanatnya, Pj Bupati Nagan Raya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga dan merawat nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.


"Di tengah peringatan kemerdekaan ini, marilah kita mengingat jasa para pahlawan, mari kita lanjutkan perjuangan mereka dengan bekerja keras untuk membangun daerah ini menjadi lebih maju, mandiri, dan sejahtera," ucap Fitriany Farhas.


Rangkaian upacara peringatan hari kemerdekaan ditutup dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nagan Raya, Samhudi.


Turut hadir Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda), Anggota DPRK Nagan Raya, kepala Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), unsur organisasi masyarakat (ormas) dan organisasi kepemudaan (OKP), pimpinan perusahaan dan BUMD, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, keuchik (kepala desa), pelajar, serta berbagai elemen masyarakat lainnya.(*Red)