VOKAL TOP7, Objektif dan Terpercaya, dari Pelosok Indonesia untuk Dunia

Sambut HUT ke-79 RI, Ribuan Pelajar Meriahkan Pawai Karnaval di Nagan Raya

Redaksi  


Nagan Raya,vikaltop7.com – Semarak kemeriahan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia di Kabupaten Nagan Raya, Aceh semakin terasa dengan digelarnya Pawai Karnaval yang melibatkan ribuan pelajar dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari PAUD hingga SMA/SMK. 


Acara pawai karnaval ini dilepas langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, di halaman Kantor Camat Kuala pada hari Jumat, 16 Agustus 2024 sore.


Ribuan masyarakat yang berbaris sepanjang jalan, ikut menyaksikan barisan pelajar yang mengenakan beragam kostum menarik. Mulai dari pakaian adat Nusantara yang kaya akan warna dan detail, hingga seragam profesi seperti TNI, Polri, dokter, pilot, perawat, pemadam kebakaran, guru, petani, nelayan, dan masih banyak lagi. 


Tidak hanya itu, penampilan drumband, sepeda dan becak hiasa, serta mobil taktis semakin menambah semarak pawai yang dimulai dari depan Kantor Camat Kuala menuju garis finish di Pintu Gerbang Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Ujong Fatihah.


Meskipun sempat diguyur hujan, semangat para peserta dan antusiasme penonton tidak sedikit pun surut. Jalanan hampir tertutup oleh para penonton yang ingin menyaksikan langsung kreasi dan semangat para pelajar. Hal ini menunjukkan betapa besarnya antusiasme masyarakat Nagan Raya terhadap perayaan HUT RI tahun ini.


Pj Bupati Fitriany Farhas menyampaikan apresiasi atas partisipasi seluruh pihak yang telah menyukseskan acara pawai karnaval ini. Ia berharap kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Nagan Raya.


"Pawai karnaval ini bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga menjadi ajang untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan pada generasi muda. Melalui beragam profesi yang ditampilkan, kita diajak untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain," ujar Fitriany.


Lebih lanjut, Fitriany juga berharap agar para pelajar yang mengikuti pawai dapat meraih cita-citanya sesuai dengan profesi yang mereka idamkan. "Semoga semangat juang para pelajar yang telah kita saksikan hari ini dapat menginspirasi generasi muda lainnya untuk terus berprestasi dan berkontribusi bagi bangsa dan negara," tambahnya.


Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya, Zulkifli S.Pd mengungkapkan bahwa pawai karnaval menyambut HUT ke-79 RI ini diikuti oleh pelajar dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)/Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat serta, Sekolah Menengah Atas (SMA)/sederajat.


“Untuk pawai karnaval ini dimeriahkan oleh para peserta yang berasal dari 18 PAUD/ TK, 17 SD, 6 SMP/MTs, 6 SMA/SMK/MA,” jelas Zulkifli 


Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Kabupaten Nagan Raya, sejumlah kepala perangkat daerah, Aparatur Sipil Negara, para orang tua pelajar, guru pendamping serta masyarakat.(*Red)